Unik Tapi Ngeri, Pasar di Atas Rel Kereta Api

Maeklong Railway Market mungkin merupakan gambaran ketidaktertiban masyarakat Thailand. Namun di sisi lain, pasar ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Puri Yuanita
| 7 Juli 2016 14:10

Dream - Maeklong Railway Market terletak di Samut Songkhram, Thailand, sekitar 37 mil sebelah barat Bangkok. Sekilas pasar terbuka ini tampak seperti pasar tradisional lainnya di Asia.

Ada penjual buah-buahan dan sayuran, rempah-rempah, makanan laut hingga makanan lokal lainnya. Deretan lapak pedagang berjajar di sepanjang jalan ditutupi tenda-tenda yang terpasang rendah. Bedanya dari pasar lain, Maeklong Market berada di jalur kereta api.

Dilansir dari Amusingplanet.com, ketika suara sirine yang menandakan kereta akan lewat, pembeli dengan cepat menghindar, sedangkan para pedagang secara sigap mengambil posisi untuk mengamankan dagangannya dari terjangan kereta.

Kereta pun akhirnya bisa lewat di rel sempit yang diapit lapak para pedagang itu. Menariknya, setelah kereta itu lewat dan menghilang, para pedagangan dengan cepat akan bergerak ke posisi semua. Mereka menurunkan kembali tenda yang sempat disingkirkan ketika kereta lewat tadi.

Kereta melewati rel pasar ini 7 kali dalam sehari selama seminggu. Di pagi hari, kereta lewat sebanyak 4 kali. Para pedagang sudah mengetahui jadwal ini sehingga mereka dapat dengan mudah mengantisipasinya.

Maeklong Railway Market mungkin merupakan gambaran ketidaktertiban masyarakat Thailand. Namun di sisi lain, ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Gambaran lebih jelas mengenai pasar ini dapat dilihat dalam video berikut.

Topik Terkait :

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan