Wisata Hutan Kalimantan untuk Liburan Anti-Mainstream

Berani coba?

Annisa Mutiara Asharini
| 23 Mei 2019 11:11

Dream - Bosan dengan suasana perkotaan? Tak ada salahnya berlibur ke tempat yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Yup, hutan bisa menjadi alternatif wisata yang anti-mainstream! Kamu bisa istirahat sejenak dari hiruk-pikuk kota dan menikmati pesona alam. Salah satu hutan yang bisa kamu masukkan ke dalam bucket list adalah Tanjung Puting.

Terletak di pedalaman Kalimantan Tengah, taman nasional ini merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda.

"Di sana ada konservasi orang utan. Suasananya benar-benar tenang. Turisnya masih sedikit, yang datang kebanyakan orang luar. Wistawan lokal sedikit banget," ujar Windy Iwandi, travel influencer dari @foodirectory di acara launching Teh Javanna Gula Batu, Jakarta, Senin 20 Mei 2019.

Orang Utan

Sahabat Dream akan diajak menyusuri sungai di kedalaman hutan. Nuansa asri dengan berbagai spesies pepohonan membuat tempat ini dijuluki sebagai 'Amazon Indonesia'.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Windy Iwandi | #foodirectory (@windyiwandi) on


Kamu juga dapat menemukan hewan liar seperti buaya rawa dan bekantan. "Tetap aman, karena ada guide," imbuhnya.

Jangan lewatkan wisata malam hari di Tanjung Puting. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan langit yang menakjubkan.

Starry Night

Tak ada lampu, melainkan bulan dan bintang yang bertabur menghiasi langit malam. Sahabat Dream juga akan ditemani oleh kunang-kunang yang berterbangan.

"Kita di sana bisa makan malam pakai lilin, karena kalau pakai lampu nanti binatang pada berdatangan. Romantis banget, candle light diner di tengah hutan," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by WINDY IWANDI | #FOODIRECTORY (@foodirectory) on


Selain unik, wisata ke Tanjung Puting juga terbilang cukup murah. "Sekitar 3 jutaan untuk 4 hari 3 malam kalau pakai jasa tur," pungkasnya.

Tertarik coba?

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya

Jangan Lewatkan