Lagi Hits Wisata ke Situs Nuklir Chernobyl, Berani Coba?

Kamu akan diajak berkeliling ke kota mati Pripyat, Ukrania.

Annisa Mutiara Asharini
| 14 Juni 2019 11:11

Dream - Chernobyl merupakan salah satu bencana nuklir terbesar sepanjang sejarah. Pembangkit listrik tenaga nuklir ini meledak pada 26 April 1986 dan melumpuhkan kota Pripyat, Ukraina.

Lebih dari 3 dekade kemudian, area tersebut diisolasi. Namun dalam beberapa tahun belakangan, lokasi tersebut menjelma menjadi tempat wisata yang populer.

Tren ini muncul setelah penayangan serial TV HBO 'Chernobyl' yang membangkitkan rasa penasaran turis lokal dan mancanegara. Para wisatawan mengunjungi tempat lewat jasa pemandu atau tour guide.

" Kami melihat adanya peningkatan (tur) sebanyak 35 persen. Sebagian besar memesan tur setelah menonton serial TV dan tak ragu memesan tiket pesawat untuk mencapai ke sini," kata Victor Korol, Director of SoloEast, salah satu agen perjalanan wisata yang melayani tur Chernobyl, dikutip dari CNN Travel.

 Chernobyl

Paket tur Chernobyl dalam sehari dibanderol dengan harga sekitar US$99 atau Rp1,4 juta per orang. Tetapi, para wisatawan diharuskan berkunjung dalam satu kelompok.

Banyak agen tur menawarkan perjalanan ke Exclusion Zone, area seluas 4.000 kilometer persegi di sekitar reaktor nuklir.

Area tersebut sebenarnya sudah dibuka untuk turis sejak 2011 silam namun beberapa tempat seperti 'bangkai mesin' di Desa Rossokha masih tidak dibolehkan dikunjungi.

 Chernobyl

Wisatawan dapat melihat kota Pripyat yang terbengkalai. Ada banyak monumen untuk mengenang peristiwa nahas itu seperti observatorium yang terletak sekitar 300 meter dari New Safe Confinement, sarkofagus besi yang menyimpan sisa ledakan reaktor nuklir.

 Chernobyl

Selain itu, bangkai kincir angin yang berada di taman bermain juga menjadi salah satu destinasi paling populer di sana. Banyak turis yang menjadikannya sebagai spot foto Instagramable.

Sahabat Dream, berani coba?

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri

Jangan Lewatkan