Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Wisata 'Via Ferrata' Makin Hits di Indonesia, Kamu Sudah Coba?

Wisata 'Via Ferrata' Makin Hits di Indonesia, Kamu Sudah Coba? Wisata Via Ferrata Gunung Parang (Foto: Parangviaferrata.com)

Dream - Traveler pecinta wisata adrenalin mungkin sudah tak asing dengan istilah 'via ferrata' ya? Terlebih, belakangan istilah via ferrata makin booming.

Tapi bagi yang belum tahu, dikutip dari parangviaferrata.com, istilah via ferrata berasal dari bahasa Italia yang berarti 'jalur besi'. Jadi, mereka yang menjajal wisata via ferrata akan diajak untuk menapaki jalur besi yang dipasang meniti ketinggian.

Jalur besi tersebut biasanya dipasang pada tebing yang benar-benar vertikal. Via ferrata sendiri sudah ada sejak abad ke-19, dimulai pada perang dunia I.

Dan di seluruh dunia sudah ada 1000 lebih jalur via ferrata. Yang terbanyak berada di Italia dan Austria.

Bagaimana dengan Indonesia? Apa Indonesia punya wahana via ferrata? Jawabannya ya!

Yup, Indonesia sudah punya lho jalur via ferrata. Jalur tersebut telah dibangun di salah satu sisi tebing Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Parang ini merupakan gunung pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur via ferrata lho, Sahabat Dream Travel.

via ferrata

(Sumber: parangviaferrata.com)

Jalur via ferrata di Gunung Parang memiliki panjang sekitar 150 meter. Jalur ini dilengkapi dengan tangga besi yang dipasang pada dinding-dinding batu andesit.

Jalur via ferrata di Gunung Parang ini sudah diremikan sejak tahun 2015 lalu dan telah diuji coba untuk semua pengunjung. Mulai dari usia 5 hingga 62 tahun. Jadi, wahana satu ini dipastikan aman untuk dicoba.

Apalagi, perlengkapan keamanannya pun terjamin. Bagi setiap pengunjung yang ingin menjajal wahana via ferrata akan dilengkapi dengan tali pengaman, seat harness hingga helm pelindung. Hingga kini, sudah ada beberapa operator wisata yang menjual paket wisata via ferrata di Gunung Parang lho.

via ferrata

(Sumber: parangviaferrata.com)

Dan sepertinya, wisata via ferrata Gunung Parang ini bakal makin booming ke depannya. Sebab semakin banyak saja traveler yang penasaran dan berminat untuk menjajal langsung wahana ekstrem ini.

Terlebih, sekarang di jalur via ferrata Gunung Parang sudah hadir pula hotel gantung yang diklaim sebagai yang tertinggi sedunia. Diberi nama Sky Lodge Pajajaran Anyar, hotel gantung ini berada di ketinggian 400-900 meter.

via ferrata

(Sumber: parangviaferrata.com)

Untuk sampai ke hotel tersebut, traveler harus lebih dulu melewati jalur via ferrata. Sejak resmi dibuka, hotel gantung ini langsung menyedot perhatian traveler. Wisata via ferrata di Purwakarta pun makin hits dan dikenal.

Dan tampaknya di 2018 nanti, wisata ekstrem ini bakal makin digandrungi para traveler. Bagaimana dengan kamu? Berani coba?

(Berbagai sumber)

 

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP