Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Baru Dibuka, Inilah Hotel Bintang Empat Pertama di Banyuwangi

Baru Dibuka, Inilah Hotel Bintang Empat Pertama di Banyuwangi EL Royal Hotel And Resort Banyuwangi (Foto: Booking.com)

Dream - Amenitas di Banyuwangi bakal makin kuat. Pada 21 Juni 2017 ini, akan ada soft launching hotel bintang empat di daerah yang dijuluki 'Sunrise of Java' itu.

Adalah eL Royale Hotel & Resort yang akan melakukan soft launching pada 21 Juni ini. Rencananya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang bakal menandatangani prasastinya.

"Silakan dikembangkan amenitas di Banyuwangi. Banyuwangi sangat kuat membangun pariwisata sebagai backbone ekonomi daerahnya," kata Menpar Arief Yahya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu 21 Juni 2017.

Menpar Arief Yahya mengatakan, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi yang sangat pesat itu kemudian membuat banyak pihak berminat untuk berinvestasi. Pariwisatanya juga makin terlihat "seksi". G Land, Blue Fire, wisata underwater Bangsring, namanya kian familiar di telinga wisatawan.

banyuwangi

(Foto: booking.com)

"Banyuwangi kini telah menjadi satu di antara tujuan wisata utama. Kebutuhan akan kamar hotel terus meningkat. Seperti di masa liburan akhir tahun 2016 lalu, Banyuwangi mengalami lonjakan wisatawan yang luar biasa. Okupansi hotel-hotel di Banyuwangi mencapai seratus persen. Bahkan banyak wisatawan yang tidak kebagian kamar hotel," kata Arief Yahya.

Menteri yang juga berasal dari Banyuwangi ini menjelaskan, kebutuhan investasi bidang pariwisata sampai tahun 2019 yaitu 120.000 hotel rooms, 15.000 restoran, 100 taman rekreasi, 100 operator diving, 100 marina, dan infrastruktur pariwisata lainnya.

"Sebelumnya saya ingin mengatakan destinasi pariwisata itu dapat dinikmati pelanggannya kalau sudah memenuhi 3A. memiliki attractiveness yang tinggi, accessibility yang bagus dan memiliki amenities atau fasilitas yang bagus. Bila syarat ini terpenuhi maka destinasi itu sudah bisa dikatakan sebagai produk yang dapat dipasarkan atau dijual," ucapnya.

banyuwangi

(Foto: banyuwangikab.go.id)

Nah, melihat realita itu, dia pun menyambut baik dukungan swasta dalam penyediaan amenitas pariwisata. Kehadiran eL Royale Hotel & Resort di Banyuwangi, menurutnya akan sangat mendukung penyediaan akomodasi pariwisata.

General Manager Iwan Sumantri menambahkan, eL Royale Hotel & Resort nantinya akan hadir di Jalan Raya Banyuwangi-Jember KM 7, Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Saat soft opening nanti 21 Juli, eL Royale Hotel & Resort menyediakan 108 kamar dan enam vila. eL Royal Hotel and Resort juga memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti kolam renang untuk dewasa dan anak, spa, gym serta ballroom dan meeting room.

"Sedangkan mulai tahun depan bertambah lagi menjadi 152 kamar, satu ballroom berkapasitas seribu orang, dan enam meeting room yang masing-masing berkapasitas 700 orang," papar Iwan Sumantri.

banyuwangi

(Foto: booking.com)

Desainnya? Dijamin elegan. Nuansa Banyuwangi akan langsung terasa. Lobi hotel dibuat mirip Pendapa Sabha Swagatha Banyuwangi yang memiliki empat pilar utama. Keramik lantai dipesan khusus bermotif gajah uling, motif khas milik Banyuwangi.

Sementara, atap hotel mengadopsi atap rumah Suku Using, suku asli Banyuwangi. Di depan hotel akan dibangun patung Gandrung. Ruang-ruang yang ada di hotel, diberi nama yang identik dengan Banyuwangi.

"Seperti Ijen Restaurant, Using Room, Gandrung lounge, dan lainnya. Pintu gerbang juga menggambarkan gerbang Majapahit, karena Kerajaan Blambangan juga berkaitan dengan Kerajaan Majapahit," ungkap Iwan Sumantri yang turut diamini oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

banyuwangi

(Foto: booking.com)

Dia mengatakan, berdirinya eL Royal Hotel and Resort ini agar bisa mengimbangi kebutuhan penginapan bagi pengunjung yang datang ke Banyuwangi. Terutama setelah banyak penerbangan dari Jakarta ke Banyuwangi langsung.

"Hotel ini dimaksudkan untuk mengimbangi, antara Atraksi, Akses dan Amenitas. Ketika dua penerbangan bertambah di bulan Juni, maka Amenitasnya juga harus menyesuaikan diri. Harus bertambah," ucap Bupati Anas.

Dia pun mengaku puas dengan suasana Banyuwangi di sana. Begitu tamu masuk, langsung disambut musik Gandrung, lalu masuk lebih dalam lagi suasananya seperti alam Ijen.

"Ini menjadi kampanye kebudayaan Banyuwangi. Ternyata bangunan yang mengakomodir kekayaan budaya Banyuwangi bisa hebat meskipun tak harus dalam bentuk gedung-gedung bertingkat di kota besar," sambung dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Para tamu akan lebih baik jika bermalam di hotel yang berada di IKN. Jokowi yakin sudah ada hotel yang selesai dibangun pada saat HUT RI nanti.

Baca Selengkapnya
Potret Rumah Menteri di IKN, Dilengkapi Fasilitas Mewah bak Hotel Bintang Lima

Potret Rumah Menteri di IKN, Dilengkapi Fasilitas Mewah bak Hotel Bintang Lima

Rumah menteri di IKN Nusantara menjadi salah satu infrastruktur yang dikebut untuk rampung karena sejumlah kementerian ditargetkan pindah ke sana Juni 2024

Baca Selengkapnya
Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Bukan hotel mewah, hotel yang digunakan untuk menginap Jokowi berbintang 2

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.