10 Tempat Terkenal Ini Menyimpan Misteri Mengejutkan

Meski dikunjungi ratusan, bahkan ribuan orang, tapi tidak semunya menyadari bahwa ada misteri yang menyelimuti tempat-tempat terkenal itu.

Sugiono
| 17 Mei 2018 12:25

Dream - Hampir setiap negara punya bangunan bersejarah atau tempat ikonik yang menjadi destinasi wisata.

Setiap hari, ratusan bahkan ribuan pengunjung memadati tempat tersebut untuk menikmati keindahan arsitektur atau merasakan petualangan yang disajikan.

Namun, di balik keindahan dan tantangan yang ditawarkan, bangunan bersejarah atau tempat ikonik tersebut menyimpan sebuah misteri yang terkadang mengejutkan.

Dilansir dari BrightSide.me, 10 tempat terkenal di dunia ini menyimpan rahasia unik yang tidak sembarang orang mengetahuinya.

1. Klub Rahasia 33 Disneyland

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Di jantung Alun-Alun New Orleans yang merupakan bagian dari Disneyland ada sebuah ruangan super rahasia milik klub eksklusif bernama Club 33. Ruangan yang difungsikan jadi restoran tersebut digunakan Disneyland untuk menjamu tamu-tamu penting seperti tokoh politik, selebriti, atau pendonor.

Sayangnya, restoran rahasia itu hanya dibuka selama Mei 1967, atau beberapa bulan setelah sang pendiri, Walt Disney, meninggal dunia. Banyak sekali yang tertarik masuk ke dalam restoran rahasia ini. Untuk bergabung menjadi anggota klub, harus membayar biaya masuk US$25,000 dan iuran US$10,000 yang dibayar setiap tahun.

2. Apartemen di Puncak Menara Eiffel

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Menara Eiffel selesai dibangun pada tahun 1889 dan langsung menjadi terkenal. Untuk merayakannya, sang perancang, Gustav Eiffel, membangun sebuah apartemen mini untuk dirinya sendiri di atas puncak Menara Eiffel. Banyak kalangan masyarakat kelas atas Paris yang berminat untuk menyewa apartemen nyaman itu. Tapi semuanya ditolak oleh Eiffel. Dia lebih suka menggunakannya sebagai tempat mencari inspirasi dan untuk menghibur tamu bergengsi seperti Thomas Edison.

3. Jalur 61 di Stasiun Grand Central New York

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Jauh di bawah ballroom Hotel Waldorf Astoria, terdapat jalur rahasia yang dibangun pada tahun 1930-an. Dibangun bersama dengan seluruh bagian Stasiun Grand Central, Jalur 61 memiliki tujuan khusus yang memungkinkan Presiden Franklin Delano Roosevelt tiba di New York tanpa orang-orang tahu, sehingga tidak ada yang akan melihatnya di kursi roda. Roosevelt menderita polio saat itu yang memaksanya untuk duduk di kursi roda. Meskipun sulit untuk memastikan, Jalur 61 diduga masih digunakan sebagai pelarian rahasia untuk presiden dan selebriti yang mengunjungi kota tersebut.

4. Dek Observasi di Lantai 103 Gedung Empire State

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Wisatawan umum biasanya hanya sampai pada dek observasi di lantai 86 Gedung Empire State. Mereka yang sangat antusias akan naik lift ke lantai 102 untuk melihat pemandangan Manhattan, New York, dari balik jendela. Tetapi, sebenarnya ada dek observasi lain yang dirahasiakan di lantai ke-103. Dek observasi ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang tahu dan sebagian besar pengunjungnya adalah selebriti.

5. Ruang Rahasia di Perpustakaan Nasional India

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Sejarah pembangunan Perpustakaan Nasional India berawal dari Zaman Dinasti Raj. Itu sebabnya para arkeolog sangat tertarik ketika menemukan ruang misterius di gedung berusia 250 tahun itu. Ruang yang tidak diketahui siapa pun itu tidak memiliki pintu, jendela, atau bahkan pintu perangkap.

Para ilmuwan berpikir itu mungkin ruang penyiksaan, atau ruang untuk menyimpan harta karun. Tapi mereka semua salah dan agak kecewa ketika tahu bahwa ruang itu ternyata adalah tembok yang dipenuhi lumpur, yang tujuannya tetap menjadi misteri.

6. Tempat Rahasia di Times Square

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Tidak semua tempat rahasia tidak terlihat. Terkadang kita melihatnya sepanjang waktu. Gedung Times Square yang terkenal di mana bola Malam Tahun Baru turun setiap tahun adalah contohnya. Sebenarnya, tempat rahasia itu tidak menyimpan apa pun karena memang kosong.

7. Klub Tenis Vanderbilt di Stasiun Grand Central New York

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Rahasia lain yang disembunyikan Stasiun Grand Central sejak 1960-an adalah lapangan tenis eksklusif di tingkat paling atas. Lapangan tenis ini pernah dibuka untuk umum sekali. Tetapi kemudian, pada tahun 1984 Donald Trump mengambil alih dan memutuskan untuk mengubahnya menjadi klub tenis eksklusif. Hanya selebritis dan orang kaya saja yang dapat bermain tenis di sini.

Pada tahun 2009, Klub Tenis Vanderbilt ditutup dan diubah menjadi ruang layanan lengkap untuk karyawan kereta api Metro North. Pada tahun 2011 Klub Tenis Vanderbilt dipindahkan ke lantai 4.

8. Sisa Jalan Tua London Yang Terpendam

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Di persimpangan jalan Charring Cross Road dan Old Compton Street di Soho, ada sebuah lubang persegi yang ditutup dengan terali besi. Jika berdiri tepat di atasnya dan melihat ke bawah, kalian akan melihat 2 jalan bergaya Victoria dari ubin yang dipasang di dinding. Di zaman itu, jalan tersebut disebut dengan Jalan Little Compton. Di atas jalan tersebut dulunya berdiri sebuah bangunan publik bernama Coach and Horses.

9. Ballroom di Stasiun Flinders Street Australia

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Di lantai paling atas stasiun kereta api tersibuk di Australia ada ballroom indah yang ditinggalkan. Ruang yang digunakan oleh ballroom ini awalnya adalah ruang kuliah di Victorian Railways Institute. Kemudian pada 1950-an dan 60-an ballroom itu menjadi tempat untuk pertunjukkan tari umum.

10. Patung Raksasa Colossus dari Apennines

 Tempat Terkenal yang Menyimpan Misteri

Patung manusia setengah raksasa ini dibangun pada akhir abad ke-16 di Italia dan benar-benar memiliki rahasia. Ada beberapa ruangan di dalamnya yang konon membuatnya hidup kembali. Monster di tangan kirinya mengeluarkan air bawah tanah. Dan ada juga desas-desus bahwa ruang di kepalanya menyimpan perapian. Jadi ketika dinyalakan, maka asap akan keluar dari lubang hidungnya.

(Sumber: Bright Side)

Topik Terkait :

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan