Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

12 Event Wisata yang Bakal Digelar di Samosir Sepanjang 2018

12 Event Wisata yang Bakal Digelar di Samosir Sepanjang 2018 Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Calendar of Event Horas Samosir Fiesta 2018 telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Sebanyak 12 event disiapkan untuk menarik wisatawan. Tiga di antaranya bertaraf internasional.

Horas Samosir Fiesta 2018 terdiri dari festival musik, budaya, dan sport tourism. Event-event ini dipastikan berlangsung seru. Terlebih, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, berada di tengah-tengah Danau Toba.

"Dari 12 kegiatan itu, tiga diantaranya menjadi unggulan yang diharapkan mampu mendatangkan ribuan wisman ke Pulau Samosir. Launching ini juga memberikan informasi kegiatan sekaligus mempromosikan Danau Toba," kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, dikutip dari kemenpar.go.id, Jumat 23 Februari 2018.

Rapidin menegaskan jika ketiga event unggulan tersebut bertaraf internasional. Karenanya, event unggulan dikemas dan dikelola secara profesional. Tiga event unggulan tersebut adalah Samosir Music International, Gran Fondo New York (GNFY) Championship Asia, dan Samosir Lake Toba Ultra Marathon.

"Tahun lalu, ketiga event itu didatangi ribuan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, kami optimis dan mempersiapkan lebih matang, baik dalam hal infrastruktur, maupun persiapan lainnya," ujarnya.

Bupati Samosir itu pede ke-12 event pariwisata yang di-launching akan sukses. Sebab, tahun 2017 sektor pariwisata turut mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Samosir.

"Realisasi PAD tahun 2017meningkat 81 persen dibandingkan tahun sebelumnya. PAD yang awalnya Rp39 miliar, meningkat menjadi Rp71 miliar pertahun. 55 persen diantaranya berasal dari sektor pariwisata," ujar Bupati Rapidin.

Menurutnya, Bandara Internasional Silangit menjadi pintu utama bagi wisatawan yang datang ke Pulau Samosir. Asal tahu saja, kunjungan wisatawan mancanegara ke pulau yang memiliki luas 630 km persegi, meningkat 45 persen tahun 2017. Jumlah riil wisman ke Samosir tahun 2017 mencapai 55.771 orang. Sedangkan 2016 hanya 35.823 orang.

Amenitas di Pulau Samosir juga mengalami peningkatan. Jumlahnya sebesar 6,74 persen. Tahun 2016 jumlah kamar yang tersedia 1.899 unit. Sedangkan 2017, jumlahnya melonjak jadi 2013 kamar.

Jumlah homestay juga mengalami kenaikan. Jumlah 56 homestay tahun 2016, meningkat 15 persen menjadi 66 homestay di 2017. Menariknya, semua homestay berupa rumah khas Batak.

"Saya yakin berbagai event internasional yang kami gelar akan sukses. Kita juga siap menampung 1.300 wisman, contohnya pada saat GNFY," ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, yang diwakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, mengatakan kunjungan wisatawan ke Danau Toba menunjukkan tren positif. Hal itu seiring dikembangkannya infrastruktur seperti jalan tol, bandara, serta pelabuhan penyebarangan.

Upaya peningkatan aksesibilitas menuju kawasan pariwisata Danau Toba juga terus dilakukan. Diantaranya membangun akses jalan tol Kuala Namu-Tebing Tinggi-Pematang Siantar. Jalur Pematang Siantar hingga Parapat juga dilebarkan. Pembangunan outter ring road sepanjang 100 km yang mengitari danau juga dilakukan. Akses akan semakin kuat dengan penyelesaian inner ring road, dan pembangunan dua pelabuhan internasional di kedua sisi danau.

"Dari segi aksestabilitas ke Samosir, nantinya akan ada 2 unit kapal Roro. Kapal itu mampu memuat 35 hingga 40 mobil dengan kapasitas 300 orang. Untuk yang overland, terdapat mobil gratis dari Silangit sebanyak dua kali sehari," ujar Dadang.

Pria berdarah Sunda itu menjelaskan, strategi 3A (atraksi, amenitas, aksestabilitas) yang digagas harus diterapkan dengan tepat. Destinasinya juga harus ditata, Atraksi dikemas dengan baik, serta akses jalannya ditingkatkan.

"Strategi 3A harus dilakukan dengan tepat. Jika sudah, tinggal kapasitas SDM ditingkatkan. Selain itu, pelaku industri pariwisata di Samosir harus diajak bekerjasama. Event juga harus dipromosikan dengan agenda dan jadwal yang tepat," ucap Dadang.

Berikut jadwal event wisata di Samosir sepanjang 2018:

1. Festival Pasir Putih tanggal 31 Maret
2. Festival Gondang Naposo 27 hingga 28 April
3. Samosir Art and Culture 18 hingga 20 Juni
4. Sigale-Gale Carnival 20 Juni 2018
5. Samosir Eco Sport Tourism 1 hingga 7 Juli
6. Horja Bius Mangalahat Horbo 6 hingga 7 Juli
7. Samosir Music International 25 Agustus
8. GFNY Championship Asia 2 September
9. Samosir Lake Toba Ultra Marathon 21 hingga 22 September
10. Samosir Jazz Season 27 Oktober
11. Festival Sipinggan 28 Desember
12. Samosir Christmas Season 29 hingga 30 Desember

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

Kamu bisa menikmati kembang api gratis di lima lokasi berikut ini

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.