13 Hal yang Dirindukan Turis Asing dari Indonesia

Saat pulang ke negara asal, mereka tidak akan menemukan hal-hal yang Indonesia banget ini lagi.

Dwifantya
| 18 Mei 2018 11:06

Dream - Keindahan alam Indonesia telah menancapkan kesan yang mendalam bagi para turis asing. Tak sedikit dari mereka yang jatuh cinta dan ingin kembali lagi menikmati alam dan kebudayaan Indonesia.

Pengalaman dan petualangan para turis mancanegara di Indonesia telah mengungkap 13 fakta yang membuat membuat mereka selalu ingin berkunjung kembali. Berikut 13 fakta yang tak ditemukan turis asing di negaranya setelah meninggalkan Indonesia, seperti dikutip dari theculturetrip.com.

1. Makanan
Tidak sulit menyukai makanan Indonesia. Bahkan pada kunjungan pertama, selalu ada sesuatu untuk dipilih dari berbagai macam hidangan. Baik itu nasi goreng Indonesia yang kaya rasa atau makanan khas daerah lainnya yang akan membuat turis asing jatuh cinta, setidaknya oleh satu masakan Indonesia. Makanan asli Indonesia sulit didapat di negara lain, kalaupun ada tentu rasanya tak sama, sebagian karena tidak tersedianya produk atau bahan-bahan dan racikan yang diperlukan.

2. Kemewahan

 Seminyak Bali

(Foto: Pixabay.com)

Di mana lagi Anda bisa menyewa vila pribadi mewah di tepi pantai seharga kurang dari Rp1 juta? Atau sepiring daging yang berlimpah dengan harga kurang dari Rp30 ribu? Atau gaun menawan seharga Rp150 ribu? Banyak turis yang terkejut dengan betapa banyak kemewahan yang mereka mampu beli dengan jumlah uang yang relatif kecil, mereka mungkin tidak dapat menikmati setelah kembali ke rumah karena harga di negara mereka jauh lebih tinggi.

3. Cuaca
Sebagai surga tropis, Indonesia hampir selalu dihias oleh kehangatan matahari dan kesegaran sapuan angin. Ketika meninggalkan Indonesia setelah tinggal sebentar, tidak mudah untuk melewatkan delapan bulan musim panas per tahun, dan 12 jam sinar matahari per hari.

4. Satwa Liar
Para turis rindu ketika mereka terbangun karena kicau burung atau berjalan-jalan di hutan monyet suci, bertemu burung endemik saat mendaki atau mengunjungi pulau komodo. Satwa liar adalah bagian besar dari banyak petualangan di Indonesia. Mulai dari anjing menggemaskan di pantai Bali hingga suara orkestra dari suara jangkrik di halaman belakang, banyak orang yang tidak dapat melupakan habitat liar Indonesia.

5. Matahari Terbit dan Matahari Terbenam

 Kuta Bali

(Foto: Pixabay.com)

Di Indonesia, alam semesta menampilkan pertunjukan yang menakjubkan melalui peristiwa yang sering diabaikan setiap hari. Udara yang jernih, latar belakang alam yang indah, dan sedikit polusi membuat matahari yang mulia tampak semakin memukau. Anda dapat menikmati matahari terbit dan matahari terbenam yang memukau dari gunung, pantai, atau di kenyamanan resor mewah setiap hari dan Anda tidak akan sedikit pun merasa bosan.

6. Kopi

 kopi

(Foto: Pixabay.com)

Indonesia adalah produsen kopi terbesar keempat di dunia. Sejak zaman kolonial hingga zaman modern, kopi Indonesia adalah komoditas yang sangat didambakan, dan orang-orang yang tinggal di nusantara memiliki keistimewaan dengan akses mudah ke secangkir kopi paling segar. Di Indonesia, turis bisa menikmati kopi dalam gelas plastik seharga Rp2.000 hingga Kopi Luwak yang luar biasa nikmat, kopi paling mahal di dunia dengan harga sekitar Rp850 ribu per cangkir.

7. Tradisi
Kehidupan Indonesia memiliki banyak tradisi yang indah dan bermakna. Lokalitas yang berbeda memiliki kebiasaan dan tradisi berbeda yang menjadikan komunitas itu unik dan tak terlupakan. Mulai dari pakaian tradisional dan doa harian hingga acara dan festival khusus. Keragaman ini tak bisa diperoleh di tempat lain, bahkan di negara asal turis itu sendiri.

8. Indomie
Merek mi instan ini memiliki kesan mendalam bagi sebagian besar orang yang pernah mengunjungi di Indonesia. Lebih dari sekedar makanan untuk mengisi perut dengan rasa lezat, Indomie telah menjadi ikon budaya yang memiliki identitas dan solidaritas. Banyak orang, bahkan mereka yang telah jauh dari negara ini selama bertahun-tahun, masih mengidam untuk menikmati mi instan ini, menjadikan merek itu populer dan banyak digemari di banyak negara lain.

9. Sambal

 sambal

(Foto: Pixabay.com)

Bumbu cabai Indonesia ini hadir di hampir setiap makanan, dan rasanya lebih enak daripada saus sambal botol. Ada banyak resep sambal, masing-masing rasanya enak bila dipadukan dengan resep yang lebih tradisional. Bahkan tahu goreng yang sederhana dapat dinikmati dengan berbagai jenis sambal, menciptakan pilihan rasa yang tiada habisnya. Banyak orang Indonesia merasa sulit untuk tinggal di luar negeri tanpa sambal, dan banyak ekspatriat atau bahkan wisatawan mencoba untuk menciptakan pengalaman bersantap ini di negara asal mereka.

10. Pantai

 Pantai

(Foto: Pixabay.com)

Indonesia adalah negara kepulauan yang luas yang terdiri lebih dari 17.000 pulau. Di mana pun Anda tinggal atau berkunjung, kemungkinan Anda mendapatkan akses mudah ke pantai yang memukau. Indonesia memiliki segalanya mulai dari pasir putih hingga pantai vulkanik hitam, perairan yang tenang hingga ombak yang pecah, lautan biru kehijauan yang jernih hingga biru berkilau, dan semuanya mustahil untuk dilupakan.

11. Makanan Jalanan

 Street food

(Foto: Pixabay.com)

Anda tidak akan pernah kelaparan di Indonesia, penjual makanan jalanan saja cukup untuk mengisi perut kosong. Selalu ada camilan tradisional, makanan penutup, atau minuman yang dijual di gerobak dengan harga terjangkau. Dengan begitu banyak tempat, vendor, dan menu yang dapat dipilih, pemandangan kuliner jalanan di Indonesia tanpa disadari menjadi kebiasaan sehari-hari.

12. Bahan Makanan Segar
Satu hal yang membuat iri orang asing dari orang Indonesia adalah kemampuan mendapatkan hasil bumi yang segar, baik itu ikan, sayuran, atau daging. Makan sayuran yang baru dipetik dari kebun atau melahap seafood bakar yang ditangkap pada hari yang sama merupakan pengalaman yang pasti akan dirindukan.

13. Keramahan Penduduk
Keramah-tamahan orang Indonesia dapat membuat siapa pun merasa di rumah, tidak peduli seberapa jauh mereka. Para turis akan kehilangan senyum di wajah mereka, kelembutan bicara hingga momen dimana sekelompok penduduk setempat yang meminta turis untuk berfoto bersama.

Topik Terkait :

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-

Jangan Lewatkan