Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

151 Paket Wisata Disiapkan untuk Sambut Asian Games 2018

151 Paket Wisata Disiapkan untuk Sambut Asian Games 2018 Asian Games 2018 (Foto: Indonesia.travel)

Dream - Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan pesta olahraga Asian Games tahun 2018 mendatang. Berbagai hal telah dipersiapkan guna menyambut kehadiran puluhan ribu atlet dan official yang akan bertanding di dua kota penyelenggara, Jakarta dan Palembang.

Tidak ketinggalan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang turut mengantisipasi kehadiran puluhan ribu atlet, official, juga supporter dari 45 negara yang hadir. "Bicara khusus Asian Games, dari sisi Kementerian Pariwisata kami ditugaskan untuk mengantisipasi apa yang bisa kita sumbang dan lakukan. Melihat akan ada puluhan ribu orang yang datang," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar, Vinsensius Jemadu, dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu 23 Agustus 2017.

Salah satu yang tengah dipersiapkan dengan baik adalah menggandeng industri, asosiasi, untuk dapat membuat paket-paket wisata yang dapat dipilih para atlet, official, maupun supporter dari berbagai negara nantinya. Bahkan persiapan sudah dilakukan sejak bulan April kemarin.

Secara khusus, Kementerian Pariwisata, terang Vinsen, telah melakukan road show ke berbagai daerah seperti Bali, Palembang, Banten dan Bandung untuk melakukan sosialisasi kepada dinas-dinas terkait, industri dan juga asosiasi bahwa akan ada kerja besar Asian Games 2018. "Bagaimana menyikapi momentum itu. Apakah akan ada paket-paket yang ditawarkan," kata pria yang akrab disapa VJ ini.

Hasilnya, jelas Vinsen, respons yang besar langsung ditunjukkan industri. Ibarat bensin tersulut api, mereka langsung menyambar dorongan Kementerian Pariwisata dengan membuat paket wisata. "Total ada 151 paket wisata, dimana 70 persennya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018. Yakni Palembang, Jakarta dan Jawa Barat serta Banten," ujar Vinsen.

Sebanyak 151 paket tersebut terbagi dalam dua kategori. Pertama adalah one day tour yang menawarkan paket melancong ke berbagai destinasi dalam satu hari atau yang juga biasa disebut city tour. Kemudian kategori kedua adalah paket overstay yang akan menawarkan para atlet, official maupun supporter paket perjalanan ke berbagai destinasi pilihan.

"Tapi dari 151 paket tersebut kita sortir lagi. Yang paketnya ada kemiripan kita satukan. Jadi terakhir ada sekitar 71 paket wisata. Yang akan kita promosikan ke negara-negara peserta Asian Games," ujar Vinsen.

Deputi Bidang Pengembangan Pasar Mancanegara I Gde Pitana mengatakan, Asian Games merupakan satu dari tiga kegiatan yang akan difokuskan Kemenpar pada 2018 mendatang. Karena itu, sejak bulan April kemarin pula pihaknya selalu menempatkan logo "Asian Games 2018 - Indonesia" di setiap kegiatan-kegiatan pemasaran dan promosi pariwisata Indonesia di berbagai negara.

"Itu yang sudah kita lakukan sementara sebelum jual paket-paket ini. Logo Asian Games selalu kita tempatkan di backdrop kegiatan-kegiatan di pasar utama kita. Hal ini bertujuan untuk membangun awareness masyarakat dunia terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia," kata Pitana.

Kemenpar, ujar Pitana, selanjutnya akan memfasilitasi pencetakan promosi paket-paket tersebut dengan versi yang "lux" untuk dipromosikan di pasar luar negeri. "Dan juga tentunya ASEAN," ujar Pitana.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi persiapan yang dilakukan dalam menyambut gelaran pesta olahraga se-ASEAN ini. Menurutnya sebagai tuan rumah tentunya Indonesia harus dapat memberikan kesan yang baik. "Salah satunya bisa diwujudkan dengan menyajikan suguhan keindahan dan eksotisme pariwisata Indonesia," kata Arief Yahya.

Selain Asian Games, Kemenpar juga akan akan memfokuskan dua acara besar lainnya. Yakni Sail Sabang di akhir tahun serta Annual Meetings of the International Monetary Fund (IMF) and the World Bank Group di Bali tahun 2018 mendatang.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Pencarian tiket pesawat untuk destinasi Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya