19 Negara Bakal Teropong Gerhana dari Sulawesi Tengah

Turis dari Jepang sudah memesan hotel di Palu sejak dipromosikan dari setahun yang lalu.

Puri Yuanita
| 22 Februari 2016 17:50

Dream - Kota Palu dan Tomini Sulawesi Tengah bakal menjadi salah satu perhatian saat Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 berlangsung. Setidaknya peminat gerhana dari 19 negara akan bertandang ke sana.

Diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, salah satu negara yang begitu antusias menyambut GMT di Indonesia adalah Jepang.

" GMT bagi Negeri Matahari Terbit, Jepang, sangat bermakna. Karena itu sejak dipromosikan tahun lalu, banyak orang Jepang yang sudah reservasi hotel di Palu," jelas Arief Yahya seperti dikutip dari situs Indonesia.travel.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pun berupaya mengoptimalkan momen langka yang hanya terjadi di Indonesia 350 tahun sekali itu. Mereka mempersiapkan banyak kegiatan untuk menyambut GMT.

" Salah satunya akan menggelar Total Solar Eclipse International Gateball Tournament pada 8-9 Maret 2016 di Palu," kata Longki.

Penyelenggaraan turnamen internasional ini sekaligus mempromosikan Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan melewati Sulawesi Tengah.

Gateball sendiri, kata Longki, adalah olahraga yang menggabungkan antara unsur hiburan dengan kompetisi dan bisa dimainkan orang tua serta anak muda. Total Solar Eclipse International Gateball Tournament akan diikuti 39 tim.

Sebanyak 19 di antaranya berasal dari mancanegara. Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Korea, Makau, Filipina, Taipei, Australia, Argentina, Brasil dan Kanada, dipastikan ikut ambil bagian.

Begitu juga dengan Paraguay, USA, Singapura, India, Laos, Thailand, Swiss, dan Peru. Sementara dari dalam negeri ada sebanyak 15 tim dan 5 tim di antaranya merupakan perwakilan dari Sulawesi Tengah.

BERANI BERUBAH: Mobil Wifi Penyelamat Siswa

Jangan Lewatkan