Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

3 Wilayah Paling Siap Sambut Gerhana Matahari Total

3 Wilayah Paling Siap Sambut Gerhana Matahari Total

Dream - Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi tiga daerah yang serius mempersiapkan diri menyambut gerhana matahari total (GMT) yang berlangsung pada 9 Maret mendatang. Tiga daerah ini dinilai paling siap memanfaatkan fenomena alam itu untuk kegiatan wisata.

"Pilihan paling keren nomor satu di Palu, ada Slank dan Dangdut Academy," tutur Arif di Jakarta, Kamis 25 Februari s016.

"Di sana digelar lebih 15 event. Lalu akan ada 3.000 scientist terutama dari Jepang datang ke sana, karena Jepang percaya dengan Dewa Matahari," tambah dia.

Selain Palu, Sulawesi Tengah, Arief juga memuji persiapan yang dilakukan pemerintah Bangka Belitung dan Sumatera Selatan. Kedua daerah ini juga disebut sangat siap menyambut GMT. Sumatera Selatan misalnya, mereka membuat pesta rakyat di atas sungai Musi.

Arief mengaku memuji ketiga wilayah itu untuk memancing daerah lain untuk memanfaatkan momen gerhana matahari itu untuk kegiatan wisata. Daerah lain yang dianggap cukup siap adalah Ternate.

Arief Yahya mendorong para Kepala Dinas Pariwisata di setiap daerah lebih giat mempromosikan wilayahnya masing-masing dalam memanfaatkan momen ini. Pasalnya, dalam GMT nanti terdapat potensi bernilai Rp 400 miliar dalam menyambut 10 ribu wisatawan mancanegara dan 100 ribu wisatawan lokal.

"Kreatif seperti Bali dan Borobudur yang tidak terlewati GMT tapi membuat promosi GMT. Padahal hanya gerhana sebagian namanya gerhana matahari sabit karena hanya 70 persen," kata Arief.

Saat ini, kata Arief, Kemenpar serius mengordinasi 12 wilayah yang menjadi perlintasan jalur GMT. Dia berharap agar para Kepala Dinas Pariwisata mengambil kebijakan strategis dengan memanfaatkan wisata atraksi.

"Ini atraksi dari Tuhan mari kita nikmati bersama, kita buat acara yang kreatif dan nanti akan dibuat 100 event," papar Arief.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP