Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Apa Kabar 10 Bali Baru?

Apa Kabar 10 Bali Baru? © MEN

Dream - Kementerian Pariwisata menyatakan proses pembangunan 10 destinasi wisata prioritas, atau akrab dikenal dengan sebutan 'Bali Baru' kini terus berjalan. Saat ini, pemerintah tengah fokus pada pembangunan 4 dari 10 Bali Baru.

Ketua Pokja Bidang Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S. Thaib, mengatakan keempat destinasi ini telah mengantongi status sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

"Dari aspek kelembagaan atas pengelola 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (atau lebih dikenal sebagai 10 Bali Baru, 4 Destinasi telah berstatus KEK," kata Thaib, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

4 Bali Baru yang dimaksud yaitu Tanjung Lesung Banten, Mandalika NTB, Morotai Maluku Utara, dan Tanjung Kelayang Belitung.

Mandalika Dilirik 15 Investor Amerika Serikat

Sementara 3 Bali Baru kini telah memiliki Badan Otoritas Pariwisata. Ketiganya yaitu Danau Toba Sumatera Utara, Borobudur, dan Labuan Bajo, Flores.

Sementara dua Bali Baru terakhir yaitu Bromo Tengger Semeru Jawa Timur dan Wakatobi Sulawesi Tenggara kini sedang dalam tahap menuju pengesahan menjadi Badan Otorita.

"Dari sisi aspek ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, telah terjadi peningkatan Pendapatan Asli Daerah yang sangat tinggi seperti misal di Kabupaten Samosir sebesar 81,2 persen dan Kabupaten Belitung sebesar 41,21 persen, Kabupaten Pandeglang, Banten (Tanjung Lesung) sebesar 94,77 persen dan Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo sebesar 35,41 persen," kata Thaib.

Terkait dengan penerimaan negara, kata Thaib, sektor pariwisata secara keseluruhan menjadi penyumbang pendapatan terbesar kedua setelah CPO pada 2017. Jumlahnya mencapai Rp202,13 triliun, melampaui target yang ditetapkan sebesar Rp200 triliun.

"Pariwisata akan menjadi sektor unggulan dan diproyeksikan 2019 menghasilkan devisa terbesar mencapai hingga US$20 miliar (setara Rp301,94 triliun). Dampak peningkatan di sektor ini akan dirasakan langsung oleh semua lapisan masyarakat," kata Thaib.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.