5 Fakta Menarik di Balik Kereta Kencana Kirab Kahiyang-Bobby

Perlu diketahui, ternyata harga satu kereta kencana itu sangat fantastis lho. Satu kereta kencana mewah itu harganya bisa mencapai.....

Puri Yuanita
| 8 November 2017 10:35

Dream - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu hari ini, Rabu 8 November 2017 menikah dengan Bobby Nasution. Acara pernikahan keduanya digelar di gedung pertemuan Graha Saba, Solo.

Prosesi pernikahan menggunakan tradisi Jawa lengkap. Salah satu prosesi yang begitu menarik perhatian masyarakat adalah kirab budaya.

Bobby Afif Nasution dan keluarga dikirab menggunakan kereta kuda dari Hotel Alila menuju lokasi pernikahan di Gedung Graha Saba. Demikian pula dengan Kahiyang. Ia dikirab bersama keluarganya menggunakan kereta kuda dari kediaman Presiden Jokowi.

Dalam prosesi kirab budaya ini, salah satu yang menjadi sorotan adalah kereta kencana yang digunakan. Ternyata ada beberapa fakta unik yang menarik untuk kamu ketahui di balik kereta kuda tersebut. Apa saja itu? Simak ulasannya.

1. Jumlah Kereta

Kereta kencana yang digunakan dalam proses kirab budaya pernikahan Kahiyang-Bobby ternyata berjumlah 8. Dari kedelapan kereta tersebut, 4 digunakan untuk membawa keluarga Kahiyang dan 4 lainnya digunakan untuk membawa keluarga Bobby. Dan ternyata 2 di antara delapan kereta kencana tersebut adalah milik Presiden Jokowi sendiri lho.

2. Kuda

Total ada 16 kuda yang digunakan untuk menarik kereta kencana tersebut. Masing-masing kereta ditarik oleh 2 kuda.

Bukan sembarang kuda, kuda yang digunakan adalah jenis kuda poni peranakan Australia dan lokal. Kuda-kuda tersebut didatangkan dari Solo dan Yogyakarta.

3. Harga Kereta

Perlu diketahui, ternyata harga satu kereta kencana itu sangat fantastis lho. Satu kereta kencana mewah itu harganya bisa mencapai Rp100 juta.

4. Kru

Kru yang dikerahkan untuk menjalankan kereta kencana ini terdiri dari 20 orang, yang terdiri atas kusir dan pembantu kusir. Semua kru yang terlibat hanya berasal dari warga Solo saja.

5. Perawatan Kereta

Bukan hanya harganya yang fantastis, kereta ini juga dirawat secara khusus. Perawatan roda, besi, kaca dan hiasannya saja sampai menghabiskan waktu sekitar satu tahun.

(Berbagai sumber)

#KapanLagiKepo - Joko Anwar Ingin Jadi Leonard Cohen

Jangan Lewatkan