5 Fakta Tentang Paspor yang Tak Anda Ketahui

Paspor tradisional dilengkapi dengan 28 halaman. Namun ternyata, Anda dapat meminta tambahan menjadi 52 halaman secara gratis asalkan...

Puri Yuanita
| 19 April 2016 17:22

Dream - Paspor, secara harfiah, adalah tiket Anda untuk menjelajah dunia. Penelitian menunjukkan, masih banyak orang yang tak terlalu memahami tentang dokumen yang satu ini.

Ada beberapa fakta seputar paspor yang tak banyak diketahui orang, bahkan mereka yang kerap melakukan perjalanan antarnegara sekalipun. Dilansir dari Huffingtonpost, berikut 5 fakta tersembunyi tentang paspor.

1. Anda bisa mendapatkan paspor XL (dengan halaman tambahan) gratis!

Paspor tradisional dilengkapi dengan 28 halaman. Namun ternyata, Anda dapat meminta tambahan menjadi 52 halaman secara gratis asalkan Anda membuat permohonan saat pembuatan atau perpanjangan paspor.

2. Paspor paling kuat di dunia

Paspor paling kuat di dunia adalah paspor Amerika Serikat. Paspor ini dapat memberi akses gratis ke 172 negara lainnya.

3. Paspor yang dibuat setelah tahun 2007 memiliki chip elektronik

Paspor yang dibuat setelah tahun 2007 memiliki sebuah chip elektronik di dalamnya. Chip tersebut menyimpan informasi personal Anda seperti yang terdapat di halaman paspor, ditambah pula pengenal biometrik (alias gambar digital wajah Anda). Teknologi chip ini dapat digunakan untuk mengkonfirmasi apakah paspor tersebut benar milik Anda atau bukan.

4. Foto tak harus ikuti aturan

Foto yang digunakan untuk paspor tak harus berbentuk persegi dengan latar belakang tertentu. Tak perlu juga mengantre untuk foto di kantor imigrasi. Di beberapa negara, masyarakatnya diizinkan untuk menggunakan foto yang mereka ambil sendiri di rumah.

5. Bisa dilarang terbang jika paspor Anda tidak memiliki cukup halaman kosong

" Beberapa negara mengharuskan papsor Anda memiliki 2-4 halaman kosong visa/cap," tulis Situs Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. " Beberapa maskapai mungkin tidak akan mengizinkan Anda untuk naik pesawat jika persyaratan ini tidak dipenuhi." Karena itu, sebaiknya periksa persyaratan yang dibutuhkan sesuai tujuan Anda, sebelum Anda pergi.

Topik Terkait :

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak

Jangan Lewatkan