5 Negara Adu Lempar Pentaque di Festival Budaya Anyer Krakatau

Ada Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) yang siap menyapa di dua lokasi yakni di Kecamatan Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

Puri Yuanita
| 7 Agustus 2017 11:21

Dream - Kamu suka Anyer? Penasaran dengan Anak Krakatau? Ingin lihat budaya yang oke? Kalau ya, kosongkan jadwal 18-20 Agustus 2017. Ada Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) yang siap menyapa di dua lokasi yakni di Kecamatan Anyer dan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

" Acara digelar untuk menunjukkan bahwa di Kabupaten Serang punya destinasi wisata tingkat nasional. Ini mengingatkan kita akan lagu Antara Anyer dan Jakarta yang booming oleh Sheila Madjid, penyanyi Malaysia. Kita siap membuat jatuh cinta wisatawan kepada wisata Anyer dan sekitarnya," kata Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 7 Agustus 2017.

Tatu menegaskan, AKCF akan jadi sarana pelestarian seni dan budaya khas Kabupaten Serang. Apalagi agendanya mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi Banten, Sales Pesona Banten, ASITA, PHRI, ASIPA Kabupaten Serang, dan pegiat pariwisata dari dalam dan luar Banten.

Sementara itu, Ketua Pelaksana AKCF 2017, Agus Erwana mengungkapkan ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan kegiatan AKCF yang baru pertama digelar itu. Goalnya, mendatangkan wsiatawan mancanegara. Jurus pemikatnya sudah disiapkan.

Di AKCF nanti, ada Petanque Competition yang siap digelar. Ini merupakan olahraga lempar bola besi dari Perancis di atas lapangan berdimensi lebar empat meter dan panjang 15 meter. " Saat ini sudah ada lima negara yang akan berpartisipasi dalam Petanque ini yaitu Perancis, Portugal, Thailand, dan Malaysia dan tuan rumah Indonesia," ungkap Ketua Pelaksana AKCF 2017, Agus Erwana.

AKCF

Di Indonesia sendiri, Petanque pertama kali dipertandingkan pada SEA Games 2011 di Palembang. Di SEA Games, Petanque dimasukkan dalam kategori olahraga konsentrasi. Selain Petangue, AKCF 2017 juga ada pagelaran budaya semacam atraksi debus hingga gerak silat Kaserangan. Pada lomba gerak silat Kaserangan, melibatkan sekitar 1600 pesilat dari Banten dan ditargetkan akan meraih rekor MURI.

Lalu ada Anyer Color Fun Run 8K, Lomba Mancing Selat Sunda, pameran batik Anyer dan Kaserangan, festival kuliner khas Serang, bakar ikan sepanjang pantai, demo masak Chef Juna, water safety competition, lomba foto destinasi pariwisata dan kebudayaan, sampai teatrikal perjuangan kemerdekaan.

" Lomba memancing Selat Sunda menyediakan hadiah paling besar dengan total Rp 90 juta. Acara ini digelar di Hotel Marina Anyer, Kecamatan Cinangka pada hari Minggu, 20 Agustus 2017 dengan tiga kategori perorangan, perahu nelayan dan perahu katir," ucapnya.

Kegiatan ini juga akan dimeriahkan Armada Band dan artis ibu kota lainnya. " Ada juga kegiatan kerja bakti berupa beach clean up dan penanaman pohon ke Pantai Anyer, tepatnya di Pantai Florida, Kecamatan Cinangka,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekda Pemerintah Kabupaten Serang ini menuturkan bahwa AKCF 2017 akan menjadi acara tahunan yang tidak hanya bertujuan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Anyer akan tetapi juga menghadirkan wisata bahari dengan konsep pagelaran seni budaya dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

" Kami targetkan delapan ribu wisatawan hadir pada festival tersebut. Semoga AKCF 2017 berkontribusi pada target pemerintah dalam hal kunjungan 20 juta wisatawan luar negeri yang masuk Indonesia," pungkasnya.

Serang, salah satu daerah di provinsi Banten. Lokasinya berada tepat di sebelah barat kabupaten Tangerang. Sejak pertengahan tahun 2007, wilayah Serang dimekarkan menjadi dua daerah administratif yaitu kabupaten Serang dan kota Serang. Serang memiliki potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain pantai yang eksotis, Serang juga memiliki bangunan bersejarah serta pulau-pulau kecil yang asyik untuk dijadikan tempat berlibur. Wisatawan tidak perlu bingung dengan pilihan tempat wisata di daerah ini sebab pilihannya sangat banyak.

Ada beberapa destinasi wisata Serang yang kerap menjadi tujuan wisatawan seperti Napak Tilas Kerajaan Islam Banten, untuk mempelajari sejarah kerajaan Islam sekaligus berburu foto heritage, ada juga Pulau Lima yang masih relatif sepi jadi nyaman untuk dikunjungi kalau kamu termasuk traveler yang suka dengan suasana sepi dan alami. Selain itu Rumah Hutan juga layak dikunjungi untuk mendekatkan diri dengan alam.

Dan tentu saja Pantai Anyer, pantai berombak landai ini tetap menjadi buruan traveler di sekitar Serang. Mereka yang datang akan disuguhi pemandangan pantai yang keren, sunset yang indah dan aneka macam kegiatan seru di air. Bagi yang mau menginap, banyak akomodasi yang tersedia mulai kelas backpacker hingga hotel berbintang.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

9 Liquid Lipstick Lokal Terbaru

Jangan Lewatkan