Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Tempat Terlarang Bagi Turis

5 Tempat Terlarang Bagi Turis The Jiangsu National Security Education Museum (Sumber: Trendingpost.net)

Dream - Ada tempat-tempat di berbagai belahan dunia yang terlarang bagi kunjungan turis. Namun karena larangan tersebut, justru membuat orang-orang penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya.

Seperti 5 tempat berikut ini. Kelima tempat ini eksotis dan mengagumkan, tapi terlarang bagi turis. Tak sembarang orang bisa memasukinya. Lantas mengapa tempat-tempat itu terlarang? Berikut ulasannya.

(Sumber: trendingpost.net)

Gua Lascaux: sebuah gua yang terkenal dengan lukisan Paleolitiknya

Dream - Gua Lascaux adalah sebuah kompleks gua yang berada di barat daya Prancis yang terkenal dengan lukisan Paleolitik pada dinding-dinding guanya. Sekitar 900 lukisan atau ukiran terdapat di gua yang mewakiliki seni zaman Paleolitik. Diperkirakan lukisan-lukisan tersebut berusia 17.300 tahun.

Lukisan pada gua sebagian besar menggambarkan hewan-hewan purba pada zaman itu. Meski begitu menarik dan bernilai sejarah tinggi, kawasan gua ini dilarang untuk umum sejak tahun 1963.

Larangan ini ditetapkan lantaran keberadaan manusia di tempat ini dianggap dapat merusak kelestarian gua. Kalau pun ada wisatawan yang diperbolehkan masuk, hanya sekali dalam seminggu, didampingi oleh seorang penjaga keamanan. Wisatawan beruntung yang diizinkan masuk pun hanya diberi kesempatan menikmati gua selama beberapa menit. Kini Gua Lascaux telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Poveglia: sebuah pulau kecil di Italia yang diyakini angker

Dream - Pulau ini terletak antara Venice dan Lido di Venetian Lagoon, Italia Utara. Selama berabad-abad pulau ini telah digunakan sebagai tempat pengungsian, pengasingan hingga tempat pembuangan orang sakit.

Pada tahun 1348, Poveglia menjadi karantina dari tahanan-tahanan yang dibuang dari pulau-pulau kecil di sekitar Venice. Pada tahun 1922, di pulau ini pernah dibangun rumah sakit untuk orang-orang dengan gangguan jiwa. Hal ini berlangsung sampai tahun 1968. Kemudian rumah sakit ditutup dan pulau menjadi tak berpenghuni.

Semenjak itu, pulau ini kerap diidentikkan dengan cerita-cerita misteri seputar hantu dari orang-orang sakit jiwa yang disiksa oleh psikiater gila di sana. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Italia memutuskan untuk membangun kembali rumah sakit, tetapi pekerjaan itu tiba-tiba dihentikan tanpa alasan yang jelas. Pulau ini pun ditutup untuk wisatawan.

Arsip Rahasia Vatikan: hanya beberapa orang yang diizinkan untuk pergi ke sana

Dream - Tempat ini tentu saja berada di Vatikan. Tempat ini adalah pusat penyimpanan data untuk semua tindakan yang diumumkan oleh Tahta Suci Vatikan.

Pintu masuk ke gedung arsip ini berada di dekat perpustakaan Vatikan. Di tempat ini disimpan berkas-berkas negara, korespondensi, buku rekening Paus dan banyak dokumen lainnya terkait gereja yang terakumulasi selama berabad-abad.

Pada abad ke-17, di bawah perintah Paus Paulus V, Arsip Rahasia dipisahkan dari perpustakaan Vatikan sehingga akses ke dalamnya menjadi sangat terbatas dan benar-benar tertutup untuk orang luar. Hingga pada tahun 1881, ketika masa Paus Leo XIII, tempat ini dibuka untuk para peneliti.

Arsip Rahasia Vatikan ini diperkirakan memiliki rak sepanjang 84 km, yang berisi 35.000 arsip. Dokumen-dokumen yang belum berusia 75 tahun tidak dapat diakses oleh siapapun termasuk para peneliti. Hal ini dilakukan untuk melindungi informasi pemerintah dan diplomatik.

The Jiangsu National Security Education Museum: museum agen rahasia yang terlarang untuk orang asing

Dream - Ini adalah tempat untuk menyimpan dokumen-dokumen rahasia tentang sejarah spionase China. Di dalam museum ini tersimpan banyak dokumen dan gadget yang berasal dari tahun 1927, juga dokumen-dokumen dari tahun 1980 saat Partai Komunis didirikan.

Adapula koleksi pistol kecil, alat penyamaran, kamera mini, alat penyadap tersembunyi hingga peta-peta rahasia. Museum ini hanya mengizinkan warga negara Republik Rakyat China (RRC) asli untuk masuk, sedangkan orang asing dilarang keras memasukinya.

The Negev Nuclear Research Center: sebuah instalasi nuklir yang terletak di gurun (Israel)

Dream - Pembangunannya dimulai pada tahun 1958 dengan bantuan Prancis. Kerahasiaan tempat ini sangat dijaga. Terdapat fasilitas bawah tanah rahasia yang berada di bawah instalasi ini. Pada bulan Januari 2012, Komisi Energi Atom Israel telah memutuskan untuk menutup pusat penelitian reaktor nuklir itu sementara waktu.

Kemudian pada bulan Oktober dan November 2012, dilaporkan bahwa Hamas telah menembakkan roket ke tempat tersebut, tapi instalasi nuklir ini dikabarkan tak rusak sama sekali. Hingga kini, pusat nuklir ini tertutup bagi pengunjung umum.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Ibu Tercinta, Ciptakan Momen Spesial Tak Terlupakan

Buatlah momen liburan bersama ibu tercinta menjadi spesial dengan memilih destinasi yang pas untuk keduanya.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Turis Indonesia Terbanyak Liburan ke Singapura, Ini Tiga Daerah Asalnya

Turis Indonesia Terbanyak Liburan ke Singapura, Ini Tiga Daerah Asalnya

Apakah kamu salah satu warga yang mengunjungi Singapura tahun lalu?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya