5 Video Promosi Pariwisata Indonesia Masuk Nominasi ITFF 2017

"Alhamdulillah lima video promosi Wonderful Indonesia masuk nominasi International Tourism Film Festival. Pengumuman pemenang akan dilakukan 7 April 2017 di Bulgaria," ungkap Noviendi Makalam.

Puri Yuanita
| 22 Maret 2017 11:58

Dream – Satu lagi prestasi ditorehkan pariwisata Indonesia. Video promosi pariwisata Indonesia kembali mengguncang dunia. Setelah menyambar sejumlah gelar di 2015 dan 2016, tahun 2017 ini, giliran 5 video promosi Wonderful Indonesia diunggulkan tampil menjadi jawara di International Tourism Film Festival (ITFF). Kelima video tadi masuk radar nominator dari 91 video yang didaftarkan oleh 18 negara.

" Alhamdulillah lima video promosi Wonderful Indonesia masuk nominasi International Tourism Film Festival. Pengumuman pemenang akan dilakukan 7 April 2017 di Bulgaria," ungkap Noviendi Makalam, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, dikutip dari keterangan pers tertulis, Rabu 22 Maret 2017.

Ada lima kategori yang dilombakan di Bulgaria. Dari mulai Nature and Ecotourism, Sport and Adventure, History and Culture, Faith and Tradition hingga Corporate Tourism Film/Spot, semua dinilai. Dari lima kategori tadi, video Wonderful Indonesia dinilai layak bersaing di tiga kategori yang dilombakan. Di kategori Nature and Ecotourism, ada 'Wonderful Indonesia, A Visual Journey through Wakatobi' serta 'Wonderful Indonesia, A Visual Journey through Lombok'. Untuk Sports and Adventure, ada 'Wonderful Indonesia, A Visual Journey through Banyuwangi'. Sementara Corporate Tourism Film/Spot, ada 'Indonesia, Wonderful World' serta 'Wonderful Indonesia, Explore Further' yang masuk nominasi.

Semua video tersebut, bisa disimak di link https://youtu.be/gCaTo5OXD7o, https://youtu.be/vCyHsu6TAz0, https://youtu.be/k_tMV4PhNtc, https://youtu.be/6I0PwdkBCJE, https://youtu.be/TT8J3wUX_YY.

" Ini kebanggaan besar bagi kami di Kementerian Pariwisata RI. Setiap tahun, video-video Wonderful Indonesia ternyata bisa masuk nominasi di ajang kelas dunia," ucap Noviendi Makalam.

Noviendi memang pantas bangga. Maklum, International Tourism Film Festival bukan ajang sembarangan. Ini salah satu yang terbesar di Bulgaria, bahkan Eropa. Puluhan wakil pemerintah kota di Bulgaria dan negara-negara di berbagai penjuru dunia ikut serta di dalamnya.

Di tengah kepungan wakil pemerintah kota Bulgaria dan negara-negara di berbagai penjuru dunia tadi, lima video Wonderful Indonesia ternyata bisa masuk radar nominasi. Dan biasanya, setelah itu, ada gelar juara yang bisa dibawa pulang ke Tanah Air. " Video Wonderful Indonesia memang langganan juara. Mudah-mudahan tahun ini prestasinya bisa lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya," harap Noviendi Makalam.

Menteri Pariwisata Arief Yahya benar-benar tersenyum bangga dengan reputasi yang mewakili negara itu. Menurutnya, materi atau content promosi video pariwisata Indonesia punya daya saing global, dan tidak kalah. Destinasi wisata Indonesia terbukti sudah world class dan seabrek jumlahnya. Tinggal bagaimana mengemas menjadi kekuatan yang memiliki commercial value yang sebanding dengan cultural value-nya.

" Menciptakan tema, menyusun cerita, berkreasi, membuat film pendek, mengambil gambar, editing dan membangun kesan yang mendalam itu adalah kreativitas yang patut diacungi jempol," kata Menpar Arief Yahya.

Masuknya lima video tadi ke dalam radar nominasi International Tourism Film Festival, menurut dia adalah bukti konkret, bahwa destinasi Indonesia juga laku di pentas global. Sama halnya dengan Slovenia, Malaysia, Turki, Macedonia, Uni Emirate Arab, Austria dan Jerman, Bulgaria dan China yang juga sama-sama masuk nominasi. " Biarkan orang jatuh cinta lewat video Wonderful Indonesia dulu, sebelum akhirnya mencintai destinasi pariwisata Indonesia," ungkapnya.

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan