Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Trik Agar Mudah Berbaur dengan Penduduk Lokal Saat Traveling

6 Trik Agar Mudah Berbaur dengan Penduduk Lokal Saat Traveling Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Salah satu hal penting yang harus dilakukan dalam perjalanan liburanmu ke tempat asing adalah bertemu penduduk setempat dan berbaur dengan mereka. Ketika kamu menjelajah dalam mencari pengalaman baru, terkadang berpegang pada rencana tur atau perjalanan yang dirancang khusus saat berwisata mungkin tidak akan memberi banyak kesempatan bagi kamu untuk berinteraksi dan mengenal lebih jauh budaya lokal.

Nah, ada beberapa cara untuk menyelami budaya lokal selama perjalanan. Berikut ini beberapa ide tentang bagaimana kamu bisa bertemu penduduk lokal dan berbaur dengan mereka selama traveling.

1. Belajar 'Bahasa Ibu' Penduduk Setempat

Saat kamu bepergian ke luar negeri, belajar mempraktikkan bahasa ibu (bahasa lokal) akan membantumu berinteraksi dengan penduduk setempat saat traveling. Kamu tidak perlu menguasai keseluruhan bahasa tapi cobalah mempelajari beberapa frasa yang berguna untuk menyapa penduduk setempat. Jangan pula terlalu khawatir dengan aksen bicaramu, karena penduduk setempat mengetahui kamu adalah seorang "musafir" sehingga mereka pasti akan menghargai usahamu untuk berbicara bahasa lokal mereka.

2. Caritahu Tempat Nongkrong Favorit Penduduk Lokal

Buku panduan tur seringkali lebih memusatkan perhatian pada objek-objek wisata terbaik. Tetapi, untuk bertemu dengan penduduk lokal saat traveling, cara terbaiknya adalah dengan mengunjungi beberapa tempat atau atraksi terkenal yang kerap dikunjungi penduduk setempat. Di sini kamu bisa memanfaatkan kemampuan bahasa barumu dan memiliki kesempatan untuk terhubung dengan lebih banyak penduduk lokal. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan, menghabiskan banyak waktu dengan penduduk setempat.

3. Dapatkan Informasi dari Penduduk Setempat

Bila kamu telah bertemu dengan penduduk lokal, tips selanjutnya adalah coba untuk mendapatkan informasi-informasi bermanfaat dari mereka. Internet adalah sumber yang berguna untuk mendapatkan informasi, tapi penduduk lokal pastinya memiliki pengetahuan paling baik tentang daerahnya. Meminta rekomendasi dari penduduk setempat mengenai tempat untuk dikunjungi dan hal-hal yang harus dilakukan, adalah beberapa cara terbaik untuk "menyelami" budaya lokal selama traveling. Mungkin, mereka dapat memberi referensi beberapa tempat belanja keren yang sering dikunjungi oleh warga lokal, yang tentunya tidak akan pernah kamu ketahui melalui internet. Kamu juga bisa berinteraksi dengan siapa saja dari mulai staf hotel hingga sopir taksi atau bahkan membantu orang asing yang kamu temui dalam perjalanan.

4. Jalan-jalan Menggunakan Transportasi Umum

Tidak hanya tarif terjangkau, transportasi umum juga memberi kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat saat traveling. Seiring waktu kamu melewati kehidupan sehari-hari di tempat tujuan yang kamu kunjungi, libatkan dirimu dalam percakapan yang bersahabat dengan warga lokal. Tapi, mungkin kamu harus menghindari transportasi umum pada jam sibuk karena bus dan kereta api di beberapa negara cenderung menjadi sangat ramai saat jam sibuk.

5. Mengunjungi Pasar Lokal

Pameran dan bazaar biasanya lokasi dimana penduduk setempat berduyun-duyun melakukan belanja harian mereka dan mendapatkan beberapa penawaran hebat. Karena itu, ini juga salah satu cara terbaik untuk bertemu warga lokal saat traveling. Ada begitu banyak keuntungan mengunjungi lokasi tersebut termasuk belajar banyak tentang budaya lokal, menemukan beberapa barang asli, dan yang paling penting adalah bisa mengobrol dengan pedagang dan penduduk lokal lainnya di sepanjang jalan. Jangan lupa untuk mencoba makanan ringan dan makanan khas mereka.

6. Menghadiri Acara Olahraga

Sebagian besar negara di dunia memiliki berbagai acara olahraga yang sangat populer di kalangan penduduk setempat. Saat kamu berlibur, terlibat dalam acara olahraga akan menjadi salah satu cara terbaik untuk menyelami budaya lokal. Bersorak untuk tim lokal akan menjadi cara yang bagus untuk melibatkan diri dalam budaya mereka dan mengenal beberapa teman baru.

Dengan beberapa trik ini, apakah kamu siap berbaur dengan penduduk setempat saat traveling?

(Sumber: halaltrip.com)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang
Trik Mudah Mencari Makanan Halal Saat Traveling ke Jepang

Mencari makanan halal di Jepang tentu tidak semudah di Indonesia. Cari tahu cara menemukan restoran halal di Jepang menurut warga lokal.

Baca Selengkapnya
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

Beli tiket lebih mudah untuk perjalanan selama Ramadan dan Lebaran dengan melakukan 4 tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bebas Ribet, Cara Siapkan Makanan untuk Si Kecil Saat Traveling
Bebas Ribet, Cara Siapkan Makanan untuk Si Kecil Saat Traveling

Buat orangtua yang berencana jalan-jalan akhir pekan, biar tak kesulitan siapkan makanan bayi, coba saja trik ini.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih
DRESS IT! Tips Memasukkan Baju ke Celana Biar Hasilnya Rapih

Tantangan cara memasukkkan baju ke dalam celana adalah hasilnya yang selalu berantakan. Nah Dream kasih tahu nih tips masuk baju ke dalam celana biar rapi.

Baca Selengkapnya