7 Tips Nyaman Traveling Saat Berpuasa

Kamu harus merencanakan betul perjalananmu agar puasa tetap lancar.

Ahmad Baiquni
| 18 April 2021 13:10

Dream - Menahan lapar dan haus ketika berpuasa dapat membuat kita mudah lelah. Terlebih saat kita sedang traveling.

Seringkali kita sulit mengatur jadwal keberangkatan, sahur, berbuka dan lainnya ketika bepergian dengan kendaraan seperti pesawat.

Tidak harus meninggalkan kewajiban berpuasa, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar perjalananmu aman dan nyaman selama puasa.

1. Mengatur waktu dengan baik

Untuk perjalanan singkat, kamu bisa memilih penerbangan yang berangkat setelah buka puasa atau yang mendarat sebelum sahur. Sehingga kamu tidak perlu melakukan perjalanan saat sedang berpuasa.

Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk mengatur waktu keberangkatan dan kedatangan. Dengan begitu, kamu tidak perlu sahur atau berbuka puasa di tengah penerbangan.

2. Mengetahui waktu berbuka puasa

Saat transit, kamu tidak perlu mematuhi waktu puasa di tempat atau negara keberangkatan atau kedatanganmu. Jika kamu sedang berada di pesawat, kamu harus segera berbuka puasa ketika melihat matahari terbenam dari lokasi kamu saat itu.

Tetapi jika kamu berada di suatu tempat dengan durasi puasa yang panjang seperti ibu kota Islandia, Reykjavik, yang memiliki waktu sekitar 20 jam siang hari di musim panas, disarankan untuk mengikuti jam puasa Arab Saudi, atau dimana Mekah berada. Kamu juga dapat mengikuti jadwal sahur dan berbuka puasa sesuai negara asal.

 

Selanjutnya :

3. Menyiapkan menu berbuka atau sahur yang praktis

Bikin Ngilu, Detik - Detik Kecelakaan Adu Banteng - DreamID

Jangan Lewatkan