Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Tips Nyaman Traveling Saat Berpuasa

7 Tips Nyaman Traveling Saat Berpuasa Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Menahan lapar dan haus ketika berpuasa dapat membuat kita mudah lelah. Terlebih saat kita sedang traveling.

Seringkali kita sulit mengatur jadwal keberangkatan, sahur, berbuka dan lainnya ketika bepergian dengan kendaraan seperti pesawat.

Tidak harus meninggalkan kewajiban berpuasa, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan agar perjalananmu aman dan nyaman selama puasa.

1. Mengatur waktu dengan baik

Untuk perjalanan singkat, kamu bisa memilih penerbangan yang berangkat setelah buka puasa atau yang mendarat sebelum sahur. Sehingga kamu tidak perlu melakukan perjalanan saat sedang berpuasa.

Jika tidak memungkinkan, cobalah untuk mengatur waktu keberangkatan dan kedatangan. Dengan begitu, kamu tidak perlu sahur atau berbuka puasa di tengah penerbangan.

2. Mengetahui waktu berbuka puasa

Saat transit, kamu tidak perlu mematuhi waktu puasa di tempat atau negara keberangkatan atau kedatanganmu. Jika kamu sedang berada di pesawat, kamu harus segera berbuka puasa ketika melihat matahari terbenam dari lokasi kamu saat itu.

Tetapi jika kamu berada di suatu tempat dengan durasi puasa yang panjang seperti ibu kota Islandia, Reykjavik, yang memiliki waktu sekitar 20 jam siang hari di musim panas, disarankan untuk mengikuti jam puasa Arab Saudi, atau dimana Mekah berada. Kamu juga dapat mengikuti jadwal sahur dan berbuka puasa sesuai negara asal.

 

3. Menyiapkan menu berbuka atau sahur yang praktis

Keadaan yang tidak terduga dapat muncul kapan saja, mulai dari penerbangan yang tertunda hingga kemacetan lalu lintas. Untuk itu tidak ada salahnya menyiapkan makan cepat saji untuk persiapan berbuka puasa atau sahur saat dalam perjalanan.

Kamu bisa menyiapkan beberapa makanan ringan yang mudah dibawa seperti roti, kurma, sereal, biskuit, dan tentunya minuman.

4. Mencari letak masjid

Saat berpergian kamu harus mengetahui dimana letak masjid terdekat yang bisa ditemukan pada tempat tujuanmu, agar saat tiba, kamu tidak perlu kesulitan dan berlama-lama saat mencarinya.

5. Tidak melewatkan sahur

Perjalanan yang panjang memang melelahkan, terlebih ketika mendapatkan jadwal yang tidak menentu. Kamu pasti berpikir untuk tidur sepanjang sahur dan hanya melakukan niat puasa.

Padahal sebaiknya kamu tidak melewatkan makan dan minum saat sahur agar asupan nutrisi terjaga. Setelah mencapai tujuan, pergilah ke supermarket terdekat untuk membeli makanan yang tinggi protein dan karbohidrat seperti roti gandum dengan selai kacang, buah serta botol air mineral.

 

6. Berteman dengan sesama Muslim

Carilah teman sesama muslim di sekelilingmu saat berpergian, terutama selama bulan Ramadan. Kamu bisa melakukan sholat Tarawih bersama atau meminta saran tempat yang menjual makanan halal, terlebih saat mengunjungi negara dengan minoritas muslim.

7. Unduh aplikasi muslim

Beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk kaum Muslim dapat membantu kamu dalam perjalanan. Mulai dari fitur yang menghadirkan informasi jadwal waktu sholat, arah kiblat hingga Alquran.

Muslim Pro adalah salah satu aplikasi all-in-one yang banyak digunakan. Untuk aplikasi yang berfokus pada lokasi restoran halal, kamu bisa menggunakan Zabihah.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

4 Trik Berburu Tiket Pesawat Termurah untuk Pulang Kampung

Beli tiket lebih mudah untuk perjalanan selama Ramadan dan Lebaran dengan melakukan 4 tips sederhana.

Baca Selengkapnya
Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Sering Mabuk Perjalanan? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Mual

Lakukan beberapa hal sederhana saat traveling atau berada di dalam mobil maupun pesawat untuk mengatasi mabuk perjalanan.

Baca Selengkapnya
7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

7 Tips Mudik Aman yang Bikin Anak Tak Rewel Sepanjang Perjalanan, Ayah Bunda Wajib Tahu

Berbagai kekhawatiran saat mudik pasti ada, seperti anak rewel, tidak nyaman, sakit, dan sebagainya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Mudik Lebaran

Begini cara berburu tiket pesawat murah untuk mudik Lebaran

Baca Selengkapnya
5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

5 Tips Tetap Fit Menjalani Hari Kala Puasa, Yuk Mulai Dipersiapkan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sahabat Dream dapat menjalani bulan Ramadhan dengan kesehatan yang baik dan tetap fit.

Baca Selengkapnya
6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

Ada loh beberapa tips awet kenyang saat puasa, rasa lapar dapat dikendalikan dan tubuh pun tetap berenergi selama puasa.

Baca Selengkapnya