Ada Bunga Raksasa Mekar Pekan Ini, Penasaran Melihatnya?

Proses untuk membungakannya ternyata sangat sulit dan lama, diperlukan jangka waktu paling sedikit selama tujuh tahun.

Mutia
| 15 Agustus 2018 11:11

Dream - Sahabat Dream pernah melihat secara langsung bunga bangkai berukuran raksasa? Jika penasaran seperti apa bentuk dan kondisinya saat mekar, bisa mendatangi Taman Buah Mekarsari, Bogor akhir pekan ini.

Pada Senin 13 Agustus kemarin, kuncup bunga Titan Arum atau dikenal sebagai bunga bangkai di Taman Buah Mekarsari sudah setinggi 160 meter. Dikutip dari rilis yang diterima Dream.co.id, diperkirakan bunga raksasa itu akan mekar enam hari lagi yaitu pada Minggu 19 Agustus 2018.

Titan Arum merupakan bunga raksasa dari genus Amorphophallus. Rekor tertinggi bunga ini yang dicatat Guinness World Records mencapai 3,1 meter. Spesimen Titan Arum tertinggi mekar di Winnipesaukee Orchids, di Gilford, New Hampshire, Amerika Serikat pada 18 Juni 2010.

 Bunga Titan Arum

Bunga berbau ini disebut juga bunga bangkai, karena pada saat mekar penuh, kelenjar di tongkol bunga (spadix) akan mengeluarkan zat-zat dimethyl trisulfide, dimethyl disulfide, trimethylamine, isovaleric acid, benzyl alcohol, phenol, dan indole yang berbau busuk. Bau ini akan menarik serangga, terutama lalat untuk membantu polinasi.

Sebenarnya yang berbau busuk bukan hanya bunga Titan Arum, melainkan semua spesies dalam genus Amorphophallus. Di seluruh dunia terdapat 198 spesies Amorphophallus.

Proses untuk membungakannya ternyata sangat sulit dan lama, diperlukan jangka waktu paling sedikit selama tujuh tahun.

Tak heran kalau mekarnya bunga raksasa ini jadi momen yang langka dan bikin penasaran.

Topik Terkait :

Jokowi Kunjungi Papua Resmikan Monumen Kapsul Waktu

Jangan Lewatkan