Ada Jailangkung di Jak Karnaval, Hi.... Seram!

Mendadak, beberapa anak kecil yang semula sumringah menyaksikan acara sambil digendong orangtuanya menangis melihat boneka jelangkung melintas.

Muhammad Ilman Nafi'an
| 8 Juli 2018 18:14

Dream - Aacara Jak Karnaval 2018 di depan Gedung Balaikota DKI Jakarta semakin meriah dengan menampilkan arak-arakan kesenian dan budaya. Acara ini diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-491.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, para peserta yang mengikuti Karnaval ini berasal dari SKPD, BUMD, para atlet Asean Games, atlet Asean Paragames, komunitas seni, dan utusan dari berbagai provinsi di Indonesia.

Suasana meriah itu tiba-tiba menjadi horor ketika rombongan boneka jelangkung menari-nari di depan para tamu kehormatan.

Mendadak, beberapa anak kecil yang semula sumringah menyaksikan acara sambil digendong orangtuanya menangis melihat boneka jelangkung melintas. Namun, tangisan mereka tak lama ketika para rombongan " jelangkung" itu melintas.

" Wah, ada jelangkung tuh," ucap warga di sekitar lokasi.

Kesenian mirip jelangkung itu berasal kontingen Provinsi Jambi, bernama Lukah Gilo. Kesenian tersebut mirip jelangkung yang dikendalikan oleh pawang.

Namanya sendiri diambil dari kata Lukah, yakni alat tangkap ikan yang terbuat dari anyaman rotan dan gilo berarti gila. 

Topik Terkait :

#MovieTalk Liam & Laila - Nirina Zubir & Kampung Halaman

Jangan Lewatkan