Karya Inovatif, Batu Besar Bisa Salurkan Akses Wi-Fi

Ini adalah sebuah batu besar yang biasa saja tapi kemudian dimodifikasi untuk menyembunyikan router WI-FI di dalamnya.

Ratih Wulan
| 15 Februari 2016 13:12

Dream - Jauh di tengah hutan Springhornhof yang terletak di Neuenkirchen, Jerman terdapat sebuah museum patung luar ruangan yang sangat unik. Sebuah batu besar menyita perhatian banyak traveler.

Tidak ada satupun tanda-tanda atau keterangan tertulis yang bisa menjelaskan tentang keberadaan batu itu. Tapi orang-orang akan segera menyadari bahwa di belakang salah satu sisi batu tertutupi jelaga hitam.

Batu besar yang disebut boulder seberat 1,5 ton merupakan sebuah karya seni yang diberi nama 'Keepalive' oleh Aram Bartholl.

Ini adalah sebuah batu besar yang biasa saja tapi dimodifikasi untuk menyembunyikan router WI-FI di dalamnya. Cara kerjanya didukung oleh generator termoelektrik yang mengubah panas langsung ke listrik.

Pengunjung diundang untuk menyalakan api dengan menghidupkan tombol power up yang berada di batu tersebut. Setelah router naik dan mulai menyalukan transmisi, pengunjung dapat menyambungkan signal WIFI dengan sebuah telepon pintar (smartphone) untuk mengakses internet. Seperti menjelajahi dunia maya atau mengunduh koleksi PDF.

Aram Bartholl adalah seorang seniman media yang tinggal di Berlin. Pada tahun 2010, ia telah menciptakan rancangan serupa untuk berbagi-mengakses poin data yang disebut 'dead drops'. Terdiri dari drive USB yang ditanam dalam dinding umum untuk mengundang orang-orang agar mengunggah dan mengunduh data yang mereka pilih. Drive tersebut masih bersarang di sisi bangunan di New York City.

Di sisi lain, 'Keepalive' ini bermanfaat bagi penduduk di daerah terpencil yang membutuhkan akses komunikasi. Semisal ada pengunjung yang membuat janji dengan pemilik tanah, untuk mencegah kedatangan orang-orang secara tidak beraturan.

Nama Keepalive sendiri berawal dari istilah teknis untuk pesan yang dikirim perangkat internet untuk memeriksa konektivitas di antara mereka.

(Sumber: Amusingplanet.com)

Topik Terkait :

The Sisters Eps. 5 - The Ocean

Jangan Lewatkan