Akhir Pekan Ini, Yogyakarta Terapkan Uji Coba Sistem Satu Pintu Wisata

Bus wisata akan diarahkan menuju Terminal Giwangan untuk pemeriksaan dokumen perjalanan.

Ahmad Baiquni
| 2 September 2021 20:18

Dream - Kota Yogyakarta menggelar uji coba sistem satu pintu akhir pekan ini. Sistem ini diterapkan untuk menekan potensi penularan Covid-19 di antara pelancong dan para pelaku usaha pariwisata di Yogyakarta.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menjelaskan saat pemberlakuan uji coba sistem satu pintu nanti, bus pariwisata dari luar kota akan diarahkan menuju Terminal Giwangan. Di terminal ini akan dilakukan pemeriksaan dokumen perjalanan.

Para wisatawan dalam bus tersebut akan diperiksa untuk memastikan mereka sudah divaksin serta telah menjalani tes Covid-19. Juga memastikan mereka sudah menjalani tes Covid-19 dengan hasil negatif, baik PCR maupun antigen.

Jika seluruh persyaratan terpenuhi, bus pariwisata dipersilakan masuk wilayah Yogyakarta. Bus akan diarahkan menuju lokasi parkir yang sudah ditetapkan.

Tetapi jika persyaratan tidak terpenuhi, bus akan diminta putar balik. Seluruh wisatawan yang naik bus tersebut dilarang masuk Yogyakarta.

" Aturan ini bisa diproyeksikan sebagai kebijakan jangka panjang dengan tujuan membangun sistem transportasi di Kota Yogyakarta," ujar Heroe.

 

Selanjutnya :

Syarat Wisatawan Masuk Yogyakarta

Topik Terkait :

6 Potret Rumah Mewah Shahrukh Khan di Dubai, Hadap Pantai

Jangan Lewatkan