Akhir Tahun, Traveler Indonesia Alami Peningkatan

Destinasi populer tidak hanya di luar negeri namun juga domestik.

Ahmad Baiquni
| 4 Oktober 2019 14:00

Dream - Akhir tahun selalu jadi momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Banyak dari mereka memanfaatkan momen ini dengan liburan ke sejumlah destinasi baik di luar maupun dalam negeri.

Platform online pemesanan tiket dan hotel, Mister Aladin mencatat adanya peningkatan jumlah wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri ataupun berlibur ke destinasi menarik di Pulau Jawa. Melihat peluang ini, Mister Aladin meluncurkan fitur baru Pesawat Internasional dan Kereta Api.

" Kami optimistis peluncuran kedua fitur ini akan membuat penjualan secara keseluruhan di tahun 2019 meningkat, terlebih dengan tren jumlah transaksi di kuartal IV yang selalu lebih besar dibanding kuartal III," ujar Chief Executive Officer Mister Aladin, Veranika Gunawan, dalam acara Mister Aladin Travel Carnival, Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

Data Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mencatatkan jumlah traveler Indonesia pergi ke luar negeri kurun waktu Desember 2018-Januari 2019 mengalami peningkatan 14,12 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Veranika mengatakan terdapat peningkatan jumlah pemesanan hotel pada kuartal IV 2018. Data Mister Aladin menyebutkan peningkatan pemesanan hotel di Bangkok sebesar 54 persen, Kuala Lumpur 48 persen, dan Penang 40 persen dibandingkan kuartal III.

Peningkatan pemesanan hotel oleh traveler Indonesia juga terjadi pada destinasi di Eropa. Besarannya mencapai 2,3 kali lipat di akhir 2018.

Tak hanya luar negeri, peningkatan kunjungan maupun pemesanan hotel juga terjadi pada destinasi domestik. Menurut Veranika, pemesanan hotel lewat Mister Aladin di kuartal IV 2018 juga mengalami peningkatan.

Jumlah peningkatan terbesar terjadi di Yogyakarta sebesar 53 persen. Disusul Malang dengan 50 persen, dan Bandung 30 persen.

Laporan: Alfi Salima Putri

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara

Jangan Lewatkan