Alasan-alasan Aneh yang Menyebabkan Pesawat Mendarat Darurat

Pada 2010, ada kejadian yang tak kalah menegangkan, di mana penerbangan ke Beirut harus dihentikan karena seekor burung terperangkap pada baling-baling kipas angin pesawat.

Ratih Wulan
| 20 April 2016 14:07

Dream - Insiden sebuah pesawat tiba-tiba berbalik arah atau kembali ke bandara keberangkatan sangat jarang terjadi. Dan apabila hal itu terjadi, biasanya disebabkan oleh masalah teknis penerbangan.

Namun ada kalanya terjadi hal-hal tak terduga yang mengakibatkan pesawat kembali lagi ke bandara awal. Seperti yang terjadi pada Kamis pekan lalu.

Dilansir laman Travelleisure.com, sebuah pesawat yag tengah terbang dari New York menuju Tennesee terpaksa melakukan pendaratan darurat di West Virginia.

Penyebab pilot mendaratkan pesawat ini mungkin terdengar sepele. Seekor burung secara tak sengaja menabrak pesawat. Juru bicara bandara, Mike Plante mengatakan, setelah kejadian itu pengontrol lalu lintas udara langsung menginstruksikan pada pilot untuk segera melakukan pendaratan darurat pada pukul 16:50.

Meski bertubuh kecil, ternyata hantaman tubuh burung itu berakibat fatal. Kaca depan pesawat retak.

Insiden semacam ini bukan pertama kalinya terjadi. Awal pekan ini, sebuah pesawat mengalami kerusakan mesin setelah bersinggungan dengan seekor burung. Alhasil, pesawat yang tengah terbang menuju Washington DC harus kembali ke Bandara Internasional Key West.

Kemudian ada juga penerbangan FR3445, menuju Palma de Mallorca, Spanyol yang harus kembali ke Bandara Manchester setelah pesawat bertabrakan dengan burung sesaat setelah lepas landas.

Pada 2010, ada kejadian yang tak kalah menegangkan, di mana penerbangan ke Beirut harus dihentikan karena seekor burung terperangkap pada baling-baling kipas angin pesawat. Untungnya, tidak ada yang cedera dalam kasus itu karena pilot bertindak cepat mendaratkan pesawat.

Di samping itu, masih ada beberapa kasus yang pernah terjadi hingga mengakibatkan pendaratan darurat seperti seorang penumpang yang ngotot ingin melakukan meditasi dan yoga di atas kursi pesawat. Lalu, yang tak kalah menggelikan, ketika seorang penumpang terjebak di toilet, sehingga menyebabkan penerbangan British Airways harus kembali ke Dubai pada Mei lalu.

Belum lama ini, sebuah pesawat maskapai Virgin juga harus kembali ke Bandara Heathrow London, akibat sang pilot mendapat gangguan sinar laser. Maskapai penerbangan Virgin mengatakan, ada kemunculan sinar laser hijau yang mengganggu ruang kokpit. Karena itu pilot mengambil keputusan untuk mendarat darurat. Keputusan yang sama juga akan diambil jika ada seorang penumpang yang mendadak sekarat di pesawat.

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan