Alasan Sabuk Pengaman Harus Selalu Dipakai Saat Terbang

Jangan anggap sepele sabuk pengaman ya.

Ahmad Baiquni
| 14 Desember 2019 14:16

Dream - Sabuk pengaman adalah alat pengaman utama bagi penumpang pesawat. Sabuk ini memiliki peranan sangat penting untuk keselamatan penumpang.

Seringkali, pemakaian sabuk ini mengikuti tanda-tanda yang muncul di dalam pesawat. Seperti lampu tanda menyala saat pesawat lepas landas atau mendarat, maka sabuk pengaman harus dipakai.

Biasanya setelah pesawat lepas landas, lampu tanda sabuk pengaman dimatikan. Meski begitu, awak kabin akan meminta penumpang tetap mengenakan sabuk pengaman.

Dilaporkan Liputan6.com mengutip Travel+Leisure, memang banyak pendapat yang menyatakan sabuk pengaman tidak membantu menyelamatkan penumpang ketika terjadi kecelakaan pesawat. Namun demikian, bukan berarti sabuk pengaman boleh diabaikan.

Sabuk pengaman memang tidak efektif untuk kecelakaan skala besar. Tetapi, alat ini dapat membantu penumpang mengindari luka akibat benturan ketika pesawat lepas landas.

 Sabuk pengaman

Selain itu, turbulensi menjadi alasan penting lainnya terus menggunakan sabuk pengaman. Peristiwa ini kerap terjadi dalam setiap penerbangan.

" Alasan Anda harus memakai sabuk pengaman, termasuk awak kabin, adalah karena Anda tidak akan mau terbentur pesawat," kata Heather Pole, penulis ''Cruising Attitude: Tales of Crashpads, Crew Drama dan Crazy Passengers" .

Pole mengatakan turbulensi terjadi dengan cepat dan keras. " Itulah alasan penumpang terluka karena terantuk badan pesawat di kepala karena mereka tidak memasang sabuk pengaman," ucap dia.

Turbulensi juga dapat menimbulkan dampak yang fatal. Penumpang bisa terlempar dari kursi dan membentur atap akibat tidak menggunakan sabuk pengaman.

Jadi, masih mau melepas sabuk pengaman saat terbang?

Topik Terkait :

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?

Jangan Lewatkan