Aneh, Pohon Ini Semburkan Air dari Batangnya

Fenomena unik ini telah terjadi selama 20-25 tahun terakhir.

Dwifantya
| 7 Mei 2018 19:19

Dream - Sebuah video fenomena alam unik yang dibagikan oleh Radio Free Europe membuat heboh masyarakat dunia. Dalam video tersebut terdapat sebuah pohon murbei yang berdiri di padang rumput yang tiba-tiba berubah menjadi air mancur ketika hujan deras.

Air terlihat memancar berlimpah dari sebuah cekungan di batang pohon yang terletak sebuah desa bernama Dinoša, yang terletak di tenggara Montenegro — sebuah negara kecil di pantai Adriatik.

Rupanya yang membuat fenomena itu terjadi adalah saat hujan membanjiri mata air bawah tanah, tekanan tambahan membuat air terdorong ke batang pohon melalui retakan atau cekungan pada batang pohon, sampai mengalir keluar dari lubang beberapa meter di atas tanah. Seperti yang Anda lihat di video, menunjukkan jumlah air tanah yang keluar dari dalam tanah dan dari bawah pohon.

Anda juga bisa melihat air menggelegak keluar dari lubang lain di padang rumput. Seluruh area mengalir seperti aliran kecil.

Menurut seorang pria lokal saat diwawancarai, seperti dikutip dari Amusing Planet, fenomena unik ini telah terjadi selama 20-25 tahun terakhir atau bahkan mungkin lebih lama. Dia memperkirakan pohon itu berusia lebih dari 100 hingga 150 tahun.

Sumur Penyihir

Meskipun air mancur di pohon memang unik, itu bukan satu-satunya contoh air yang mengalir keluar dari tanah setelah hujan. Di desa Tuhala, Estonia, ada sumur yang mulai menyemburkan air setelah hujan lebat.

Sumur kebetulan ditempatkan tepat di atas sungai bawah tanah. Setelah air hujan membanjiri sungai, tekanan air membangun sampai ke titik yang menyembur keluar dari sumur, kadang hingga setengah meter tingginya. Ini berlanjut selama beberapa hari. Selama waktu ini, lebih dari 100 liter air dapat mengalir keluar sumur setiap detik.

Legenda setempat menyebutkan para penyihir Tuhala berkumpul di sauna bawah tanah dan saling memukul dengan penuh semangat dengan cabang-cabang pohon birch yang menyebabkan air mengalir keluar ke permukaan. Mereka menyebutnya Sumur Penyihir.

 

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK

Jangan Lewatkan