Astaga, Begini Kondisi Venesia Saat Dilanda Kekeringan

Pemeliharaan yang buruk pada saluran air kota meninggalkan bekas-bekas sampah dan tumpukan lumpur di sekitar tepian kanal.

Puri Yuanita
| 4 Februari 2017 09:39

Dream - Dua tahun berturut-turut, Venesia mengalami kekeringan paling parah. Pengunjung yang datang ke kota tersebut di awal tahun ini pun harus kecewa lantaran tak bisa mewujudkan harapan mereka untuk naik gondola menyusuri kanal berwarna biru-hijau yang terkenal itu.

Gondola-gondola yang tadinya merupakan transportasi utama kota ini pun ditinggalkan di atas lumpur kanal.

Ketinggian air sangat rendah disebabkan oleh pasang surut laut tahun ini. Ditambah lagi berkurangnya curah hujan secara drastis di timur laut Italia. Meskipun pasang surut air laut umum terjadi, namun tahun ini telah menyebabkan ketinggian air turun hingga 70 cm di bawah rata-rata.

Tingkat air yang rendah juga menyebabkan kotornya kota. Pemeliharaan yang buruk pada saluran air kota meninggalkan bekas-bekas sampah dan tumpukan lumpur di sekitar tepian kanal. Akibatnya gondola-gondola pun tak bisa beroperasi dan hanya tertambat di dermaga.

Otoritas Venesia pun tidak cepat tanggap dalam mengatasi persoalan ini. Pengerukan kanal pertama kali dilakukan pada tahun 1990-an dan setelah itu tidak pernah dilakukan lagi. Parahnya lagi, kota Venesia juga tidak memiliki sistem pembuangan limbah modern.

(Sumber: Amusingplanet.com)

 

Topik Terkait :

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan