Atasi Masalah Sampah, Filipina Bangun Jalan dari Plastik

Proyek pembangunan jalan dari sampah plastik di Filipina sudah dimulai sejak tahun lalu.

Ahmad Baiquni
| 31 Januari 2020 11:10

Dream - Sampah plastik menjadi momok banyak negara di dunia. Akibat sifatnya yang sulit terurai, plastik membuat lingkungan tercemar.

Filipina termasuk negara dengan kasus polusi plastik terbesar di dunia. Tetapi, pemerintah negara ini punya cara cerdik mengatasi masalah ini.

Filipina mengolah sampah plastik untuk membangun jalan. Plastik terbukti efektif menjadi bahan pengganti aspal.

Dikutip dari Lonely Planet, menurut laporan Universitas Georgia, Filipina merupakan negara ketiga penghasil sampah plastik terbesar di dunia. Posisi pertama ditempati China, lalu Indonesia di urutan kedua.

 Jalan Plastik

Setiap tahun, sampah plastik yang dihasilkan Filipina mencapai 1,88 juta ton. Mengatasi masalah itu, Filipina menerapkan uji coba pengolahan sampah plastik menjadi bahan pembuatan jalan raya.

Beberapa perusahaan yang melakukan uji coba ini adalah San Miguel Corporation (SMC) yang merupakan perusahaan terbesar dan Aboitiz Equity Ventures Inc. Dua perusahaan ini menggunakan plastik untuk bahan bakar pabrik semen dan membangun jalan.

Lahan uji coba milik SMC diluncurkan di di General Trias, Cavite, akhir tahun lalu.

Merujuk pernyataan SMC, perusahaan tersebut menggunakan lebih dari 180 ribu kemasan dan tas plastik sebagai pengganti aspal di jalan seluas 1.500 meter persegi. Sampah tersebut dibawa menggunakan truk dengan muatan berat.

 Jalan Plastik

Sampah plastik yang dijadikan cairan diklaim memiliki kemampuan mengikat aspal. Sehingga membuat jalan lebih tahan lama dibandingkan dengan aspal konvensional.

" Kami ingin membuat langkah berkelanjutan dengan memanfaatkan plastik sehingga tidak berakhir di tempat pembuangan sampah, sungai dan lautan kami," ujar Presiden San Miguel, Ramon Ang.

Masalah plastik di Filipina merupakan produk samping dari kemiskinan. Sekitar 20,8 persen dari populasi penduduk hidup di bawah garis kemiskinan.

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan