Merokok Jadi Tindakan Ilegal di Singapura, Bisa Dihukum Berat

Singapura menerapkan aturan sangat ketat terkait aktivitas merokok.

Tantiya Nimas Nuraini
| 4 Oktober 2019 09:00

Vape Juga Ilegal

Mungkin banyak yang berpikir apabila tidak bisa merokok, vape jadi jalan keluar. Pandangan ini tidak bisa kamu pakai karena mengisap vape juga termasuk tindakan ilegal di Singapura.

Larangan tersebut termuat dalam Pasal 16 ayat 2 A Undang-Undang Tembakau (Kontrol Iklan dan Penjualan) TCASA. “Ilegal untuk memiliki, membeli, dan menggunakan vaporizes di Singapura pada 1 Februari 2018. Ini termasuk e-cigarettes, e-pipes dan e-cigars.”

Pasal tersebut juga memuat sanksi berupa denda bagi para pelanggar. Setiap orang yang dinyatakan melakukan pelanggaran pasal ini didenda hingga mencapai 2.000 dolar Singapura atau Rp20,5 juta. 

Selain itu, Pasal 16 ayat 1 TCASA menyebutkan “mengimpor vaporizes sejak 1 Agustus 2016 dan seterusnya adalah illegal.

Sehingga tindakan seperti membeli vape secara online dan mengirimkannya ke Singapura meski untuk kebutuhan pribadi merupakan tindakan illegal.Jika seseorang terbukti pasal ini, denda yang dikenakan mencapai 10 ribu dolar Singapura, setara Rp 102 juta, dan/atau penjara selama 6 bulan.

Jika pelanggaran ini dilakukan secara berulang, maka dendanya bisa mencapai hingga 20 ribu dolar Singapura, setara Rp205 juta dan/atau penjara 12 bulan

Selanjutnya :

Ketentuan Merokok di Singapura

Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri

Jangan Lewatkan