Avelo Airlines, Maskapai Ekonomis Baru di AS Bagian Barat

Avelo merupakan pendatang baru di dunia penerbangan AS.

Ahmad Baiquni
| 16 Mei 2021 13:10

Dream - Pandemi tidak menjadi alasan Andrew Levy untuk tetap memulai maskapai barunya. Bahkan mantan pendiri dan presiden Allegiant Air, dan mantan CFO United Airlines tersebut baru saja meluncurkan maskapai baru bernama Avelo Airlines, yang merupakan penerbangan ekonomis bertarif rendah.

" Sejujurnya, tidak ada waktu yang lebih baik bagi kami untuk meluncurkannya," kata Levy.

Menurutnya hal ini justru dapat mempermudah orang-orang untuk dapat segera melakukan perjalanan dan dapat bertemu keluarga, teman-teman atau ingin menjelajahi tempat-tempat baru tanpa khawatir biaya.

Setelah penerbangan pertamanya dari Bandara Hollywood Burbank di Los Angeles menuju Charles M. Schulz Sonoma County di Santa Rosa pada akhir April lalu, Avelo Airlines pun akhirnya menjadi maskapai penerbangan utama baru pertama di AS dalam 15 tahun terakhir.

" Kami telah mencurahkan banyak waktu untuk menciptakan pengalaman yang bisa mengurangi frustasi dan meningkatkan kegembiraan perjalanan," kata Levy.

Selain rute perdananya, Avelo akan menambahkan layanan dari Burbank ke berbagai tujuan luar kota lainnya di seluruh AS bagian barat dalam beberapa bulan mendatang, seperti Arcata-Eureka, CA (ACV), Bend-Redmond, OR (RDM), Bozeman, MT (BZN), Eugene, OR (EUG), Grand Junction, CO (GJT), Medford, OR (MFR), Pasco, WA (PSC), Phoenix-Mesa, AZ (AZA), Ogden, UT (OGD), Redding, CA (RDD) dan Santa Rosa, CA (STS).

Penerbangan ke sebagian besar tujuan ini akan dioperasikan hanya tiga atau empat kali per minggu. Dengan menggunakan bandara sekunder di pasar yang lebih besar, Avelo berharap dapat menarik pelanggan yang mencari penerbangan langsung, namun tetap dengan biaya yang terjangkau dan memberikan penghematan kepada pelanggan.

" Layanan bebas koneksi Avelo pada rute yang saat ini belum dilayani adalah salah satu alasan kami dapat menawarkan tarif yang sangat rendah setiap hari," katanya.

Faktanya, maskapai ini menjual tiket mulai dari US$19 atau kurang lebih Rp270 ribu pada satu kali perjalanan hingga 15 September. Namun tentunya akan ada biaya tak terduga, seperti pilihan kursi, biaya bagasi, kabin, biaya untuk membawa hewan peliharaan dan lainnya.

Melihat ketidakpastian yang masih menyelimuti perjalanan, dan fakta bahwa Avelo akan mencoba mendapatkan pelanggan dari maskapai lain dalam waktu dekat, kemungkinan besar tidak akan ada perubahan biaya pada tiketnya.

Sejauh ini, Avelo Airlines baru memiliki tiga pesawat Boeing 737-800 dan diperkirakan akan menerbangkan enam pesawat lainnya pada akhir tahun 2021. Meskipun ini bukan pesawat baru, interiornya telah sepenuhnya diperbaiki.

Setiap 737 memiliki 189 kursi ramping dalam satu kabin, dengan baris yang diatur dalam konfigurasi 3-3, hampir mirip dengan maskapai di Southwest Airlines. Namun, tidak ada port pengisi daya atau layar hiburan.

" Kami mencoba memastikan bahwa setiap anggota kru yang kami bawa ke dalam pesawat benar-benar baik, penuh perhatian, dan senang dalam melayani. Dan kami memberi mereka kekuatan untuk menjaga pelanggan kami” katanya.

Di tahun ketika sebagian besar maskapai penerbangan mengalami penurunan, munculnya Avelo Airlines dianggap sebagai titik terang yang baik. Meskipun armada dan jaringan rute Avelo akan tetap terbatas untuk beberapa waktu mendatang, namun orang-orang di AS bagian barat harus bersiap, karena dapat menikmati penawaran tiket terjangkau ke tujuan rekreasi populernya.

Selain itu, jika operasi Avelo ini berhasil kedepannya, operator yang lebih mapan mungkin akan mempertimbangkan rute baru mereka sendiri. Misalnya, Alaska Airlines yang berkuasa di West Coast baru-baru ini meningkatkan penerbangan ke Santa Rosa dari Burbank, Orange County, dan San Diego.

Semua itu akan memungkinkan adanya lebih banyak pilihan bagi wisatawan dengan harapan tarif yang lebih rendah di masa mendatang, dikutip dari Travel+Leisure.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Topik Terkait :

Putus dari Kaesang, Felicia Tissue Menyinggung Keluarga Presiden

Jangan Lewatkan