Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bali Jajaki Potensi Wisata Kesehatan

Bali Jajaki Potensi Wisata Kesehatan Ilustrasi Bali (Shutterstock.com)

Dream - Bali terkenal sebagai destinasi wisata leisure dengan kekayaan alam dan pesona budayanya yang kental. Banyak wisatawan asing menghabiskan waktu untuk berpetualang dan beriteraksi dengan masyarakat Bali.

Kini, Bali mulai menjajaki potensi menjadi destinasi wisata kesehatan. Dengan banyaknya rumah sakit yang terakreditasi, Bali optimis bisa menjadi destinasi wisata kesehatan kelas dunia.

General Manager Indonesia Medical Tourism Board (IMTB) Bali Nusra, Putu Deddy Suhartawan, menjelaskan Bali punya peluang dikembangkan sebagai tujuan wisata medis. Saat ini, di Bali ada 280 rumah terakreditasi paripurna dan 30 rumah sakit terakreditasi internasional.

"Ada satu rumah sakit yang sudah disertifikasi ACHS, Australian Council Health Service. Satu-satunya di Indonesia," ujar Deddy.

Deddy menjelaskan sejak peristiwa Bom Bali I dan II hingga sebelum pandemi Covid-19, Pulau Dewata terus berbenah diri terutama dalam layanan kesehatan. Lambat laun, warga asing kini sudah mau mencoba layanan medis di tengah aktivitas liburannya di Bali.

 

Layanan Kecantikan

Layanan medis yang tersedia untuk para wisatawan cukup beragam, dengan pelayanan utama yaitu di bidang kecantikan seperti bedah plastik, face implant, face lift, liposuction, hingga layanan non-invasif seperti botox, filler, dan thread lift. Dalam satu bulan, rata-rata sebanyak 60 pasien memanfaatkan layanan ini dengan total pemasukan tercatat mencapai Rp1,2 miliar.

"Tapi saat itu, masing-masing rumah sakit bergerak sendiri, secara sporadis. Yang akan kita lakukan sekarang adalah untuk koordinasikan, kolaborasikan, karena rumah sakit memang memiliki fasilitas layak dijual, biasa dengan pasien asing juga. Dikombinasikan dengan hotel," kata Deddy.

 

Target Wisatawan Domestik

Di tahun lalu, tiga negara menduduki peringkat teratas untuk layanan wisata medis di Bali yaitu Australia, China, dan India. Tetapi, pandemi Covid-19 menghalangi para wisatawan berkunjung sehingga IMTB mengganti target ke pelancong domestik.

Apalagi, kata Deddy, saat ini ada upaya untuk menggaungkan wisata kesehatan ke pelancong domestik. Dia menilai potensi tersebut tetap ada, mengingat tidak sedikit masyarakat nusantara yang ke luar negeri untuk berobat.

"Mereka yang sering ke luar negeri untuk mengecek kesehatannya, mau enggak mau kan nggak bisa ke luar," ucap dia.

Untuk menggeliatkan kembali wisata kesehatan Bali, IMTB akan mempertemukan buyer dengan seller lewat forum offline di Jakarta. Pertemuan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan para peserta wajib melampirkan hasil rapid test sebelum acara berlangsung.

Sumber: Liputan6.com/Dinny Mutiah

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!
NOTED KAK! Saat Panggilan Alam Tiba!

Sahabat Dream Pernah gak sih mood bikin konten lagi bagus tiba-tiba `panggilan alam` datang. Auto menghilang deh.

Baca Selengkapnya