Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bandara Silangit Naik Kelas Jadi International Airport

Bandara Silangit Naik Kelas Jadi International Airport Bandara Silangit, Tapanuli Utara (Foto: Aeronusantara.blogspot.com)

Dream – Bandara Silangit naik kelas. Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II itu sudah diputuskan melalui rapat kabinet terbatas minggu lalu, bakal di upgrade menjadi international airport 2018.

"Karena itu, perpanjangan landasan dari 2200 meter menjadi 2650 meter, dan pelebaran dari 30 meter ke 45 meter bakal segera dituntaskan," ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Kamis 23 Februari 2017.

Karena status Bandara Silangit yang berlokasi di Siborong-borong, Tapanuli Utara, itu menjadi internasional, maka akan dibuat CIQP, Carantine, Immigration, Quarantine, Port. Bandara lain yang akan dinaikkan statusnya adalah Komodo Labuan Bajo, yang sampai sekarang masih berada di bawah pengelolaan Kementerian Perhubungan.

"Semua bandara yang masuk dalam pengembangan 10 Bali Baru, atau 10 Top Destinasi Prioritas, diproyeksikan menjadi international airports," jelas Menpar.

"Kalau ingin menjadi global standar, dan memiliki customers di global market, maka aksesnya pun harus international standard. Sehingga ada direct flight yang bisa langsung dari negara originasi ke destinasi prioritas itu," ungkap Arief menambahkan.

Dari 10 destinasi itu yang belum memiliki bandara internasional adalah Danau Toba Sumut, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

Joglosemar, Jogja-Solo-Semarang, saat ini sudah berstatus international airport, tetapi khusus Adi Sucipto Yogyakarta sudah overload. Karena itu, Presiden Joko Widodo sudah meletakkan batu pertama bandara baru di Kulonprogo untuk mendukung destinasi Joglosemar, dengan ikon Borobudur.

"Info dari Pak Menkomar Luhut Panjaitan memang seperti itu. Di rapat kabinet terbatas minggu lalu Menhub Budi Karya hadir juga, Bandara Silangit bakal naik kelas. Ini kabar yang bagus buat percepatan destinasi Danau Toba, yang saat ini Badan Otorita Pariwisata Danau Toba sedang bekerja keras," terang Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S Thaib.

Setelah Danau Toba ditetapkan menjadi satu dari 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia, Badan Otorita Danau Toba (BODT) memang makin getol membenahi Danau Toba, baik di kawasan otoritatif maupun wilayah koordinatif.

"Presiden Jokowi sudah berkali-kali mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba, semuanya harus all out. Dari bandara yang sebelumnya tidak layak dilandasi pesawat, lantas dibenahi, dan sekarang sudah 300-500 orang per hari. Hasilnya mengejutkan, penumpang naik lima hingga enam kali lipat di Bandara Silangit," ujar Hiram.

Pembenahan insfratruktur terus dilakukan. Tahapannya sudah masuk dalam level renovasi Bandara Silangit untuk mengejar kapasitas 500 ribu penumpang. Renovasinya ditargetkan selesai pada April 2017 mendatang.

"Nanti, bandara ini bisa disinggahi pesawat besar seperti Citilink dan Garuda. Landasan pacu juga ikut diperbaiki hingga Desember 2017 melalui Angkasa Pura (AP) II. Prosesnya malah akan dipercepat menjadi September 2017. Jadi, harapan kita, September 2017, Bandara Silangit sudah bisa diresmikan, khususnya terminal dan landasan. Maka pada bulan April 2018, Bandara Silangit sudah bisa kita usulkan menjadi bandara internasional," timpal Arie Prasetyo, Dirut Badan Otorita Danau Toba.

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak Rempah

BUNGKUS! Tebak Rempah

Jangan ngaku ahlinya rempah jika tidak tahu bahan-bahan apa saja yang ada di hidangan ini?

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

Sahabat dream, bersaing secara sehat di dunia pekerjaan adalah hal lumrah. Namun kalau senior gak mau kalah sama junior?

Baca Selengkapnya