Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kota Ini Rajanya Durian di Indonesia

Kota Ini Rajanya Durian di Indonesia Durian Fair 2016 (Foto: Ratih Wulan/Dream.co.id)

Dream - Ratusan warga Jakarta membanjiri area Durian Fair 2016 yang digelar di Teras Berlian Blok M Square, Jakarta Selatan akhir pekan lalu. Para pengunjung berjubel memadati deretan stan-stan penjual durian dari berbagai daerah.

Berbagai jenis durian lokal dijual dengan harga variatif yang menggoda. Beberapa di antaranya yaitu durian Bawor dari Banyumas, durian Kholil dari Semarang. Durian jenis Matahari, Jabrik dan Rancamaya dari Bogor. Kemudian jenis Sukasari berasal dari Bogor, Petrok Podang dari Semarang dan terakhir ada jenis Si Fajar dari Pandeglang, Banten.

"Festival ini diadakan untuk mengangkat potensi buah lokal. Saat ini makin banyak buah dari luar, yang rasanya sendiri tidak jauh beda," ungkap Diah Iswari, perwakilan panitia Durian Fair 2016 di Blok M Square Jakarta.

Selain disajikan dalam bentuk buah, para pengunjung juga dapat menikmati bermacam-macam olahan durian seperti pancake, sup dan es krim yang lezat. Serta 20 jenis durian unggul yang siap dilelang didatangkan dari Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pada puncak acara yang dibuka Sabtu, 27 Februari 2016 ini juga diumumkannya lomba durian paling unggul. Dengan komposisi juri Mohamad Reza Tirtawinata dari Yayasan Durian Nusantara, Agus Sutadi dari Komunitas Maniak Durian, dan Tarjono mantan redaksi senior Trubus. Serta juri undangan yakni Wakil Walikota Jakarta Selatan, Irmansyah.

Durian Baros asal Pandeglang, Banten keluar sebagai pemenang kategori durian terfavorit. Disusul durian Si Pandan asal Bogor Selatan dalam kategori pemenang durian khusus.

Sedangkan pada juara ketiga ada durian Fajar dari Banten, lalu durian Si Gondang dari Banjarnegara Jawa Tengah sebagai pemenang kedua. Sedangkan durian Si Rouf masih dari Banjarnegara keluar sebagai pemenang utama.

"Pertimbangan untuk memenangkan durian Si Rouf karena daging kuning, manis, gurih sedikit pahit dan tebal. Itu yang harus ada pada durian nomor satu," pungkas Mohamad Reza Tirtawinata.

Bagi Anda pecinta durian, silahkan untuk mengunjungi acara yang digelar hingga 6 Maret mendatang. Berbagai jenis durian akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau tanpa harus datang ke wilayah masing-masing. Selamat berburu durian murah meriah!

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Memilih Durian yang Matang, Lembut dan Siap Santap
Tips Memilih Durian yang Matang, Lembut dan Siap Santap

Jangan khawatir! Ada beberapa tips memilih durian yang manis

Baca Selengkapnya
Warga China Doyan Durian Indonesia, Setahun Bisa Pesan Sampai Rp126 Triliun
Warga China Doyan Durian Indonesia, Setahun Bisa Pesan Sampai Rp126 Triliun

Durian memiliki pasar yang sangat kompetitif di China

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.