Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bazar Ramadan Malaysia Picu Kekhawatiran Meningkatnya kasus Covid-19

Bazar Ramadan Malaysia Picu Kekhawatiran Meningkatnya kasus Covid-19 Padatnya Bazar Ramadan Di Malaysia (Strait Times/Shannon Teoh)

Dream - Beberapa foto Bazar Ramadan yang terlihat padat di Malaysia beredar di media sosial dan aplikasi perpesanan, memicu kekhawatiran lonjakan kasus Covid-19. Ini karena rendahnya kepatuhan terhadap prosedur operasi standar (SOP).

Params, kependekan dari Pasar Ramadan yang berada di sekitar Lembah Klang yang terlihat tidak adanya jaga jarak. Terutama karena antrean yang berantakan dan pengunjung juga masuk melalui pintu yang tidak ditentukan sehingga sulit dikontrol.

Pakar strategi perusahaan Khairul Hashim, sempat mengunjungi bazar dekat rumahnya di Seri Kembangan di luar Kuala Lumpur.

"Kami pergi pada hari pertama dan setelah melihat tidak ada ruang untuk jaga jarak fisik, kami tidak mau kembali," ujar Khairul kepada The Straits Times.

Tidak seperti tahun lalu ketika pasar ditiadakan pada hari-hari awal pandemi global, namun pemerintah memutuskan untuk mengizinkan mereka beroperasi selama bulan puasa Muslim tahun ini. Ini terlepas dari jumlah kasus yang kembali ke lebih dari 2.000 setiap hari dari Kamis hingga Sabtu, jauh lebih tinggi daripada pada periode yang sama tahun lalu ketika sebagian besar dalam dua digit.

Malaysia mencatat 2.331 kasus baru dan lima kematian pada hari Sabtu. Sehingga total kasus menjadi 372.859 dan jumlah kematian menjadi 1.370.

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin, bersikeras tidak akan ada Perintah Kontrol Pergerakan Nasional ketiga yang membatasi sebagian besar aktivitas komersial dan sosial. Dia juga telah meyakinkan publik, penegakan hukum yang lebih ketat di pasar Ramadan segera diberlakukan dengan keterlibatan pihak berwenang setempat.

Menteri Perumahan dan Pemerintah Daerah Zuraida Kamaruddin mengatakan foto-foto viral dari para pengunjung itu berasal dari hari pertama dan kedua bazaar. Ketika orang-orang baru saja kembali ke bazar Ramadan setelah absen tahun lalu.

"Dengan penegakan hukum di tingkat lokal, akan ada kontrol yang lebih efektif," katanya, Jumat, mengacu pada dewan kota setempat yang berada di bawah kewenangan masing-masing pemerintah negara bagian.

Tetapi Menteri Wilayah Federal Annuar Musa memperingatkan 66 pasar di Kuala Lumpur, Putrajaya dan Labuan "akan ditutup jika wabah Covid-19 terjadi karena SOP tidak dipatuhi."

"Wajib mematuhi SOP yang diberlakukan terutama dari segi jumlah pengunjung, tapi ternyata tidak dipatuhi, sampai-sampai latihan jarak fisik tidak sesuai dengan yang kita inginkan," kata dia.

Beberapa tempat, bagaimanapun telah secara ketat mematuhi batasan dua pengunjung per kios, seperti bazar Queen Street di Penang yang hanya mengizinkan 40 pengunjung pada satu waktu. Tetapi, mengingat persyaratan untuk meluangkan ruang di luar kios beberapa pasar memiliki sekitar 30 persen lebih sedikit vendor, suasana dan pilihan makanan lezat telah ditemukan kurang di beberapa params.

Di kota satelit Kuala Lumpur, Petaling Jaya, bazar Kelana Jaya "memberi tanda bernomor kepada pengunjung, yang tanpa label tidak bisa masuk," kata ibu rumah tangga Fatimah Adawiyah, 49 tahun. "Saya akan pergi lagi tetapi tidak banyak pilihan seperti sebelumnya,"

Kelantan dan Sabah telah memutuskan untuk tidak mengizinkan bazar karena peningkatan tajam kasus virus korona baru-baru ini, sementara beberapa tempat di negara bagian lain telah ditutup karena tidak mematuhi SOP.

Misalnya, bazar Tok Adis di Terengganu akan ditutup selama sisa bulan ini sementara penyelenggara mengambil langkah-langkah untuk memastikan pedoman kesehatan dan keselamatan ditaati.

Reporter : Radhika Nada

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya
Puasa Ramadan Terpanjang dan Terpendek di Berbagai Negara, Ini Penyebabnya

Rata-rata lamanya durasi puasa antara 12-13 jam. Namun, ada negara yang bahkan berpuasa sampai 20 jam.

Baca Selengkapnya
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?
Ketentuan Puasa bagi Musafir, Mana yang Lebih Utama Antara Tetap Puasa atau Membatalkannya?

Ketentuan puasa Ramadan bagi musafir dalam membatalkan atau melanjutkan puasanya disesuaikan dengan kondisi mereka.

Baca Selengkapnya
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun
15 Pasar Jalanan Paling Tua di Dunia, Ada yang Umurnya Ribuan Tahun

Semua orang tentu pernah melihat atau bahkan pergi mengunjungi pasar jalanan. Yuk, simak pasar jalanan apa saja yang paling tua di dunia!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya
Penumpang Boleh Buka Puasa di Gerbong KRL, Begini Aturannya

Begini aturan berbuka puasa di KRL selama Ramadan 2024

Baca Selengkapnya
7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka
7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

Bau mulut bisa timbul akibat kurangnya asupan air, pola makan yang berubah, dan ketidakseimbangan bakteri dalam mulut.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan
BUNGKUS! Teka Teki Tagline Makanan

Sahabat Dream tebak-tebakan lagi yuk. Kira-kira kalian pada tahu gak jenis makanan apa dari tagline iklan ini? Berapa banyak yang kalian bisa tebak?

Baca Selengkapnya