Begini Cara Kilat Atasi Jet Lag

Jet Lag biasanya dialami para traveler karena melintasi beberapa perbedaan zona waktu antarnegara. Ini menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang.

Puri Yuanita
| 19 Februari 2016 17:50

Dream - Terbang menjelajahi dunia adalah hal yang menyenangkan. Namun terkadang mendatangkan malapetaka pada tubuh.

Traveler yang kerap bepergian jauh menggunakan pesawat terkadang menemukan diri mereka lelah di siang hari dan tak bisa tidur di malam hari. Tak jarang pula muncul rasa mual akibat gangguan usus atau pencernaan. Kondisi semacam ini biasa disebut Jet Lag.

Jet Lag biasa melanda para traveler yang melintasi beberapa perbedaan zona waktu antar negara. Ini menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang.

Namun kini tak perlu khawatir, karena para peneliti di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine telah menemukan cara baru untuk mengatasi Jet lag akibat peralihan zona waktu, yakni " sistem kilat cahaya" yang diberikan saat Anda tidur.

Peneliti umumnya mengatakan bahwa dibutuhkan tidur selama satu jam untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu setempat. Saat Anda tidur, disarankan juga memberikan " kilatan cahaya" setiap 10 detik. Hal ini memungkinkan tubuh Anda menyesuaikan dua atau tiga jam ke depan atau mundur sesuai zona waktu setempat.

Metode " kilatan cahaya" ini saat ini tengah dikembangkan oleh para peneliti Stanford menjadi sebuah alat berupa topeng tidur yang dilengkapi dengan lampu LED yang dapat dikendalikan oleh smartphone (ponsel pintar). Teknologi baru ini akan diberi nama Lumos Tech.

Rencananya, teknologi ini tak hanya akan dikembangkan bagi traveler atau wisatawan biasa. Alat sejenis yang lebih canggih juga tengah dikembangkan khusus untuk para astronot NASA yang terkadang bekerja dengan peralihan waktu yang ekstrem, dari waktu AS ke waktu Rusia hingga mendarat di Stasiun Luar Angkasa.

Meski begitu, saat ini para peneliti Stanford mengakui masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut. Namun mereka yakin, suatu hari nanti Jet Lag tak akan lagi dialami manusia karena temuan ini.

(Sumber: entrepreneur.com)

Topik Terkait :

Penampakan Rumah 5 Seleb yang Dinikahi Anggota TNI dan Polri, Mewah Banget!

Jangan Lewatkan