Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Belasan Kapal Pesiar Berlabuh di Bali Tahun Depan, Ada Apa?

Belasan Kapal Pesiar Berlabuh di Bali Tahun Depan, Ada Apa? Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Kabar baik terus menyertai Bali. Setelah promosinya dikawal langsung oleh Presiden Jokowi, pariwisata di Bali langsung tancap gas. Destinasinya mulai ramai. Mulai stabil. Bahkan pada 2018 mendatang, 17 kapal pesiar dipastikan singgah dan menurunkan wisatawannya di Buleleng, Bali.

"Kapal-kapal pesiar itu sudah memberikan konfirmasi terkait kedatangannya kepada otoritas Pelabuhan Celukan Bawang Buleleng," kata General Manager (GM) Pelindo III Celukan Bawang, Made Rusli, dikutip dari keterangan pers tertulis pada Sabtu, 30 Desember 2017.

Rusli mengatakan, pihaknya memiliki konsistensi untuk mendatangkan kapal-kapal pesiar tersebut karena melihat potensi Pelabuhan Celukan Bawang sangat berpeluang untuk disinggahi kapal pesiar.

Selain faktor kesiapan fasilitas pelabuhan, yang terpenting menurut Rusli adalah destinasi wisata yang menjadi tujuan para wisatawan sudah terdeskripsi dengan baik melalui agen-agen perjalanan wisata.

"Kalau soal destinasi wisata kita tidak perlu berbusa-busa menerangkan kepada mereka. Kita fokus pada fasilitas. Kami siapkan dengan matang. Termasuk menyiapkan fasilitas berlabuh berupa ponton terapung untuk kapal yang memiliki panjang melebihi panjang dermaga," jelas Rusli.

Rusli menambahkan, Pelindo III Celukan Bawang sendiri pun akan kembali melakukan penataan pada kawasan pelabuhan. Semisal menyiapkan fasilitas pendukung, dan membantu Dinas Pariwisata untuk memasarkan objek-objek wisata yang ada di sekitar pelabuhan.

Untuk fasilitas dermaga, pihaknya telah memiliki dermaga ponton yang sudah mereka siapkan sejak kapal pesiar MV Genting Dream Cruise datang pada Rabu, 13 Desember lalu.

"Intinya kami interline dalam memasarkan Pelabuhan Celukan Bawang, ini karena mereka akan berkali-kali datang ke Buleleng, sehingga kawasan di pelabuhan juga perlu suasana yang baru," jelasnya.

Dinas Pariwisata Buleleng pun langsung ambil 'action'. Kedatangan kapal pesiar ini merupakan kesempatan emas untuk mempromosikan keindahan objek wisata yang dimiliki Buleleng ke pasar wisata dunia.

"Dari mulai penjemputan sampai destinasi wisata sudah disiapkan. Kami ingin memberikan yang terbaik. Penyambutan yang hangat. Mereka akan terkesan dengan kedatangan di Buleleng dan ingin kembali lagi," kata Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Nyoman Sutrisna.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun sumringah dengan rencana kedatangan kapal-kapal pesiar tersebut. Jumlah wisatawan yang bergerak melalui cruise juga besar. Dan mereka bisa berkeliling Indonesia di banyak destinasi yang sudah siap dengan pelabuhan dan CIQP-nya.

"Keren itu. Ini juga momentum kita untuk memperkenalkan destinasi lain di Indonesia. Wisata bahari kita akan semakin hidup, dan memang seharusnya begitu," kata Menpar Arief Yahya.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Detik-Detik Kapal Tongkang Tabrak Jembatan hingga Terbelah, Kendaran Terjun ke Sungai
Detik-Detik Kapal Tongkang Tabrak Jembatan hingga Terbelah, Kendaran Terjun ke Sungai

Dugaan sementara, kru kapal telah melakukan kesalahan operasional hingga menyebabkan tabrakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan
BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak logo-logo dari brand makanan tersebut? Berapa yang berhasil kalian tebak?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

Sudah full effort mencuci hijab sampai bersih dan disetrika rapi, malah kusut pas dilipat. Punya masalah yang sama?

Baca Selengkapnya