Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Belitung Diusulkan Jadi Geopark Dunia

Belitung Diusulkan Jadi Geopark Dunia Pulau Lengkuas, Belitung (Foto: Www.belitungpelangi.com)

Dream - Destinasi prioritas Tanjung Kelayang rupanya tak hanya fokus membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Saat ini, tim Pokja Percepatan 10 Bali Baru yang berada di bawah koordinasi Hiramsyah Syambudhi Thaib itu juga tengah mempersiapkan Belitung menjadi Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO.

Beberapa tokoh geologi seperti Dyah Erowati ITB 81 dan Oman, Ahli Geopark Kepala Museum Geologi Bandung berada di tim ini. Siapa yang tak kenal dengan Pulau Belitung? Destinasi bahari yang ngetop melalui film Laskar Pelangi? Yang punya Tanjung Kelayang, kawasan yang sudah ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas? Yang punya pantai dengan batu-batu besar? Yang punya keragaman fenomena geologi? Memiliki keragaman biologi? Dan memiliki keragaman budaya? Semua persyaratan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) sudah dimiliki Belitung.

"Itu sebabnya Belitung diusulkan menjadi Geopark internasional," ujar Larasati, PIC Destinasi Tanjung Kelayang Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar, Kamis, 13 Oktober 2016.

Gerak cepat pun langsung dilakoni. Pada 2 September 2016 silam, sudah ada MoU antara Bupati Belitung dengan Alumni ITB 81 sebagai inisiator. Dalam perjalanannya, tim Persiapan Geopark didukung Museum Geologi Bandung, Gapabel, SGS, BUMD, Pemkab Belitung dan Pemkab Belitung Timur.

Langkah lainnya? Mempresentasikan Geopark Belitung pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geopark Network (GGN) di Torquat, Inggris, akhir September 2016. Beragam fenomena geologi, biologi, dan budaya Belitung dipresentasikan. Semua diperkenalkan. Hasilnya? Desember 2016 nanti, UNESCO memastikan akan ada kunjungan dari salah satu expert geopark/assesor dunia ke Belitung.

Dan tahun 2017, diharapkan usulan sudah bisa disampaikan ke tingkat nasional. Setelah itu, tahun 2018 bisa naik ke UNESCO. "Geopark di Belitung bukan hanya satu kabupaten saja, tapi seluruh Pulau Belitung. Jadi ke depannya, Belitung bukan hanya Kawasan Ekonomi Khusus, tapi juga akan didorong menjadi Wisata UNESCO Global Geopark (UGG)," kata Laras, sapaan akrab Larasati.

Satu pulau? Apa tidak berlebihan? Luas Pulau Belitung saja sudah mencapai 4.800 km². Bila dibanding Singapura, Pulau Belitung luasnya sudah hampir tujuh kali lebih besar dari Negeri Singa Putih itu. "Memang sangat besar. Itu sebabnya pengelolaannya melibatkan dua Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Belitong dan Belitong Timur," jelas Laras – sapaan akrab Larasati.

Magnetnya? Apalagi kalau bukan batuan granit besar yang tersebar luas di seluruh Pulau Belitung. Mau cari apa? Batuan bertekstur porfiritik? Mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende? Yang warnanya abu-abu berbintik hijau dan hitam? Kehijau-hijauan dan kemerah-merahan? Batuan beku yang mempunyai kristal-kristal kasar? Batuan sedimen khas berupa red sandstones, quartzitic, metamorphosed? Semua ada di Belitung.

Dan fenomena ini, hanya bisa ditemukan di dua tempat di dunia. Pertama Belitung. Satunya lagi Kepulauan Seychelles, Afrika Tengah. "Pulau Belitung sudah lengkap. Ada potensi besar di dalamnya. Kalau kita masuk ke dalam jejaring geopark internasional hasilnya pasti luar biasa," papar Laras.

Tak ingin kehilangan momentum, pada 9 Oktober 2016 tumpengan pun digelar tim Persiapan Geopark dan Pemkab Belitung. Tumpengan itu merupakan tanda dimulainya aktivitas menuju Belitung Geopark. Dan keesokan harinya, tim Persiapan Geopark langsung memaparkan program dan rencana kerja kepada Pemkab Belitung dan Pemkab Belitung Timur.

"Geopark itu prinsip dasarnya adalah bottom up, harus tumbuh dari masyarakat. Jadi nanti semua yang terkait ini akan turun ke masyarakat, ke komunitas. Dan pemerintah akan mendukung ini. Ikut mengedukasi. Bahkan dalam rangkaian Festival Belitung, tim akan mengisi booth science untuk mulai sosialisasi geopark," ujar Laras.

Menpar Arief Yahya concern dengan Belitung, karena sudah ditetapkan menjadi KEK Pariwisata di Tanjung Kelayang. Tidak lama lagi bandaranya juga akan naik status menjadi international airport. Segala hal yang terkait dengan persyaratan teknis menuju status internasional itu terus dikebut. "Akses menjadi titik paling krusial karena wisman belum bisa direct flight dari Singapore, Malaysia dan kota-kota lain di dunia," papar Arief Yahya.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penemuan Sarang Tertua di Dunai Berusia 29 Juta Tahun, Ada 50 Telur Serangga

Penemuan Sarang Tertua di Dunai Berusia 29 Juta Tahun, Ada 50 Telur Serangga

Ahli paleontologi menemukan sarang belalang yang mengandung 50 telur berbentuk lonjong yang tidak pernah menetas!

Baca Selengkapnya
Arkeolog Temukan Benua yang Hilang Dekat Indonesia, Pernah Ada 59.000 Tahun lalu

Arkeolog Temukan Benua yang Hilang Dekat Indonesia, Pernah Ada 59.000 Tahun lalu

Berikut kisah arkeolog yang menemukan keberadaan Benua Prasejarah Sahul yang hilang!

Baca Selengkapnya
4 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat dan Mengerikan dalam Sejarah, Bikin Bumi Gelap Gulita dan Ciptakan Tsunami Puluhan Meter

4 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat dan Mengerikan dalam Sejarah, Bikin Bumi Gelap Gulita dan Ciptakan Tsunami Puluhan Meter

Berikut ini 4 letusan gunung berapi paling dahsyat dan mengerikan dalam sejarah, Bumi jadi gelap selama 6 tahun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung

Ngeri! Gunung Es Terbesar di Dunia Bergerak untuk Pertama Kalinya Setelah 37 Tahun, Akibatnya Tak Tanggung-Tanggung

Gunung es terbesar di dunia ini mulai melakukan pergerakan.

Baca Selengkapnya