Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bromo Bakal Tertutup dari Kendaraan Bermotor Sebulan Penuh

Bromo Bakal Tertutup dari Kendaraan Bermotor Sebulan Penuh Bromo (Shutterstock.com)

Dream - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bakal menutup sementara Bromo dari kendaraan bermotor. Penutupan tersebut berlangsung mulai 24 Januari hingga 24 Februari 2020.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BB-TNBTS, Sarif Hidayat, mengatakan penutupan ini dijalankan untuk menghormati tradisi masyarakat Tengger. Pada tanggal-tanggal tersebut, masyarakat Tengger menggelar acara adat.

"Ini dilakukan untuk menghormati kearifan lokal masyarakat dalam melaksanakan Megengan Wulan Kepitu," ujar Sarif, dikutip dari Liputan6.com.

Dalam kepercayaan masyarakat Tengger, Wulan Kepitu adalah waktu untuk memulihkan ekosistem kawasan Bromo. Sehingga, semua kendaraan bermotor dapat menimbulkan polusi dilarang masuk.

Bromo

Wulan Kepitu atau Bulan Ketujuh merupakan waktu sakral bagi orang Tengger. Di waktu tersebut, masyarakat Tengger biasa menjalankan "Laku Pasa Mutih" untuk menahan sifat keduniawian dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Larangan ini berlaku kepada semua orang baik penduduk sekitar, wisatawan, maupun petugas BB-TNBTS. Kendaraan bermotor milik petugas dibolehkan masuk hanya dalam keadaan darurat.

"Petugas juga tidak diperkenankan, kecuali untuk pemantauan dan pengawasan serta evakuasi gawat darurat," kata Sarif, seperti dilaporkan Antara.

Bromo

Meski ditutup, aktivitas di Bromo akan tetap berjalan seperti biasa. Wisatawan dapat masuk ke destinasi ini selama tidak menggunakan kendaraan bermotor.

Wisatawan dapat masuk dengan berjalan kaki atau bersepeda. Bisa juga menggunakan kuda yang disewakan penduduk setempat.

Seluruh kendaraan bermotor nantinya tidak boleh masuk mulai dari Pintu Masuk Laut Pasir Tengger di Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Juga dari Pintu Masuk Coban Trisula, Jemplang, Kabupaten Malang serta dari Pintu Masuk Dingklik Penanjakan, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Selama penutupan, petugas gabungan akan disiagakan di tiap-tiap pintu masuk. Petugas tersebut terdiri dari unsur BB-TNBTS, Kepolisian, dan perwakilan adat.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Diam-diam Hindari Petugas, Mobil Pribadi Nekat Masuk Savana Bromo Akhirnya Kena Batunya
Diam-diam Hindari Petugas, Mobil Pribadi Nekat Masuk Savana Bromo Akhirnya Kena Batunya

Ia menduga mobil tersebut masuk ke kawasan savana Bromo saat pagi hari dan mencari celah untuk menghindari petugas yang ada di Pos Jemplang.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Mendadak Meeting
NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya