Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Buat Gebrakan Wisata, Kemenpar Gandeng Program TV 'Jaman Now'

Buat Gebrakan Wisata, Kemenpar Gandeng Program TV 'Jaman Now' Menteri Pariwisata (Foto: Kementerian Pariwisata)

Dream - Kerjasama menarik digulirkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di penghujung tahun ini. Menyambut asa di tahun 2018, dua bentuk kerjasama besar pun sudah dilakukan. Demi menarik minat kunjungan para wisatawan, panggung glamor event musik internasional 'Sensation' pun digandengnya, selain tetap membidik market melalui layar lebar jaringan TVRI.

Selalu menyedot animo masyarakat dunia, penyelenggaraan event musik 'Sensation' pada 10 Februari di ICE BSD, Tangerang, bisa jadi stimulan yang ideal untuk mengatrol jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Mengandalkan kekuatan musik dance elektrik, event ini pun diprediksi akan menyedot animo 20 ribu pengunjung. Dengan estimasi pengunjung 30%-nya adalah wisman, event 'Sensation' ini diperkirakan akan memberikan dampak perekonomian positif berupa devisa USD 1 juta.

"Indonesia memiliki dua keuntungan menjadi tuan rumah perhelatan ini. Pertama, dampak langsung (direct impact), menarik wisatawan baik nusantara maupun mancanegara hadir di Jakarta. Kedua, dampak tidak langsung, yaitu memberikan nilai berita lebih bagi media memberitakan deretan DJ dunia yang tampil di Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 11 Desember 2017.

Identik dengan DJ besar dunia sebagai pengisi acaranya, event musik 'Sensation' Jakarta akan diisi oleh enam musisi internasional yang masuk dalam 100 Best Disc Jokey in the World. Memang, event ini jadi langganan DJ besar dunia untuk unjuk kebolehan seperti Tiesto, Armin van Buuren, Martin Garrix, Hardwell, David Guetta, serta mantan anggota Swedish House Mafia.

Dengan magnet nama besar DJ besar dunia itu, diharapkan mendorong tingkat kunjungan wisman ke berbagai destinasi pariwisata Indonesia. "Mereka akan dijadikan endorser. Para wisatawan bisa berulang-ulang mengunjungi Indonesia dengan adanya even itu. Karena Sensation media value lebih besar. Selain itu, repeat visitors bisa 60 persen datang lagi, bagi mereka yang sudah tiba di Indonesia. Dalam waktu kurang dari setahun, mereka datang lagi," kata Arief Yahya.

Seperti diketahui, Sensation dimulai delapan belas tahun lalu sebagai one-off event di Amsterdam Arena. sekarang menjadi fenomena di berbagai stadion dan arena di seluruh dunia. Setiap tahun, Sensation selalu menciptakan sebuah pertunjukan baru. Tiket sendiri sudah mulai dijual kepada publik sejak Minggu, 10 Desember melalui www.sensation.com.

Bukan hanya menjaring wisman dari panggung event musik 'Sensation', Kemenpar juga terus membuka kampanye destinasi wisata Indonesia melalui media televisi. Dalam kesempatan yang sama, Menpar Arief Yahya juga melakukan kerjasama dengan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya. Kerjasamanya tidak lain mengenai promosi pariwisata di stasiun TV plat merah itu.

Apalagi Helmy Yahya yang namanya sudah kondang dengan berbagai program kuis itu menawarkan program televisi TVRI 'jaman now'. Acara TVRI baru yang bekerja sama dengan Kemenpar terdiri atas Docureality Coverage Event-event Pesona Indonesia sepanjang tahun 2018. Lalu Traveling Program mengekspos Pesona Indonesia.

Yang ketiga terdapat program Detailed Documentary Element Pesona Indonesia. Bagi yang suka reality show, TVRI akan mengemasnya dengan tajuk Reality Show "Jika aku menjadi pelaku Pariwisata Indonesia" dan yang terakhir yang kelima ialah Entertainment Talkshow.

"Gagasan dan temanya sangat menarik, cocok untuk anak 'jaman now'. Siapapun kita dorong untuk merekam ragam budaya Indonesia dan berbagi informasinya sehingga menjadi konten yang menarik," kata Menpar Arief.

Diawali dengan konsep yang luas tersebut, hingga akhirnya membuat wisatawan baik nusantara maupun mancanegara datang ke Indonesia. "Semuanya hanya akan bisa dilakukan dengan konsep dan pemikiran kreatif," pungkas Menpar Arief.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP