Bukti Vaksinasi Bakal Jadi Syarat Wajib Traveling di Sejumlah Negara

Perusahaan farmasi tengah berlomba-lomba memproduksi vaksin.

Ahmad Baiquni
| 28 Maret 2021 13:11

Dream – Sudah mulai kangen dengan bepergian menggunakan pesawat terbang keluar negeri, ntah untuk mengunjungi keluarga atau sanak saudara atau hanya sekedar jalan-jalan, sekarang sudah banyak negara yang melakukan vaksinasi Covid-19.

Dikutip dari Lonely Planet, Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Johnson & Johnson, dan perusahaan farmasi lainnya memproduksi terus vaksin untuk menangani pandemi dunia yang menyeramkan ini, banyak masyarakat di beberapa negara juga sudah divaksin dengan produk perusahaan tersebut.

Setelah mendapatkan vaksinasi penuh, berharap dapat melakukan penerbangan ke negara-negara yang diinginkan, tetapi beberapa maskapai dan aturan pemerintah harus tetap menyertakan bukti, dan karena di setiap negara itu memiliki sistem berbeda-beda, maka perlu menyiapkan dokumen-dokumen penunjang bukti vaksinasi.

Secara umum, setiap orang yang akan bepergian diminta menyertakan bukti telah divaksinasi dan tes negatif oleh maskapai penerbangan, jika vaksin yang direkomendasikan dianggap tidak valid dengan alasan tertentu, misalnya usia atau status kehamilan, ada baiknya untuk langsung berkonsultasi atau menghubungi maskapai penerbangan dan otoritas terkait karena kemungkinan kamu tidak dapat bepergian sementara waktu.

Tidak ada satupun maskapai penerbangan yang mengatur varian vaksin dan hasil tes, tapi mereka akan cenderung melihat jenis vaksin yang diterima seseorang karena banyaknya varian vaksin yang muncul, ntah itu valid atau tidak. Jadi semua persetujuan akan bergantung pada tempat yang akan dikunjungi dan bagaimana aturan disana.

Oleh karena hal tersebut yang terbilang rumit, banyak negara yang mulai mengembangkan aplikasi dan sedang uji coba untuk membuktikan ke-valid-an vaksin Covid-19, termasuk IATA’s Travel Pass, Common Pass dari The world Economic Forum, AOKpass dari The International Chamber of Commerce.

 

Selanjutnya :

Aplikasi Digital

Topik Terkait :

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan