Bukti Vaksinasi Bakal Jadi Syarat Wajib Traveling di Sejumlah Negara

Perusahaan farmasi tengah berlomba-lomba memproduksi vaksin.

Ahmad Baiquni
| 28 Maret 2021 13:11

Proses Maskapai

Pada sisi pengujian, banyak maskapai akan mempercepat pemrosesannya, dan dari sisi vaksinasi, masih kurang begitu jelas karena masih adanya perubahan kebiijakan dan sains yang cepat, sehingga ketetapannya masih selalu diperbarui.

Beberapa negara seperti Australia, China, Hong Kong, Islandia, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Taiwan telah memperbolehkan orang berkunjung dari luar masuk ke negaranya dengan syarat telah divaksinasi, hal itu dimaksudkan untuk menghindari kewajiban karantina beberapa hari.

Ketika divaksinasi pastikan nama dan tanggal dilaksanakannya vaksinasi tercantum pada sertifikat vaksinasi. Selain itu juga harus ada medis profesional yang memberikannya, jenis vaksin apa yang diberikan, nomor lot vaksin, dan juga lokasi vaksinasi. Jangan sampai dokumen penting seperti itu hilang atau terlupakan.

Disarankan untuk orang-orang yang tinggal di suatu tempat dimana bahasa Inggris tidak menjadi bahasa penulisan dokumen kesehatan, lebih baik dokumen tersebut diterjemahkan terlebih dahulu dan dicap oleh medis proofesional yang berwenang. Tulisan dokumennya sebagai berikut:

“I (tuliskan nama dokter), (kosongkan untuk nomor regsitrasi) confirm that I administered the SARS-CoV-2 coronavirus vaccine type (kosongkan untuk nama jenis vaksin) to protect against Covid-19 to (nama pribadi pasien) on (kosongkan untuk dua tanggal vaksinasi) at the immunisation centre in (kosongkan untuk nama kota). It is my considered medical opinion that (nama pribadi pasien) is now fully vaccinated against Covid-19 according to the (tuliskan nama negara) system."

Selain keterangan tersebut, yang bisa menjadi bukti adalah botol bekas vaksin tersebut. Beberapa jenis vaksin atau tempat penyandang dilakukannya vaksinasi, bekas botol tersebut mungkin bisa dibawa pulang.

Jadi buat Sahabat Dream yang mau bepergian ke luar negeri, pastikan sudah divaksinasi dan dokumen-dokumen yang menjadi bukti vaksinasi jangan sampai hilang agar mempermudah proses penerbangan dan perjalanan.

Laporan: Josephine Widya

Topik Terkait :

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan