Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Bulan Ini, Jalur Rempah Diusulkan Jadi Warisan Dunia UNESCO

Bulan Ini, Jalur Rempah Diusulkan Jadi Warisan Dunia UNESCO Ragam Rempah Yang Tumbuh Di Indonesia (Liputan6.com/Komarudin)

Dream - Indonesia memiliki rekam jejak cukup panjang dalam perdagangan rempah dunia. Peran Indonesia sangat penting selaku sumber pasokan rempah untuk pasar Timur Tengah dan Eropa.

Jejak sejarah tersebut akan diusulkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada UNESCO. Dengan usulan itu, Kemendikbud berharap UNESCO menetapkan Jalur Rempah sebagai Warisan Dunia.

Usulan tersebut akan dimasukkan ke UNESCO pada November 2020. Usulan ini menjadi sangat penting mengingat rempah punya peran sangat vital sebagai identitas bangsa.

Perburuan rempah sudah berlangsung selama ribuan tahun, bahkan sebelum Masehi. Tetapi, perburuan semakin gencar terjadi di abad ke-15, ditandai dengan dimulainya ekspansi kapal dagang Eropa ke sejumlah negara.

Negara-negara Eropa bersaing mencari sumber rempah, seperti Spanyol, Portugis, Inggris dan Belanda. Kala itu, rempah dibutuhkan tidak hanya untuk bumbu masakan melainkan juga pengawet, obat, hingga campuran membuat pewangi.

Tak jarang, perburuan itu sampai memicu gesekan berdarah. Sejumlah bangsa sampai berperang demi bisa menguasai pasokan rempah.

Indonesia sendiri dikenal sebagai penghasil rempah dunia. Letak geografi yang strategis membuat rempah yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dan jadi barang buruan.

Sebut saja cengkeh di Pulau Ternate dan Tidore, pala di Pulau Banda yang tumbuh alami. Atau kemenyan, kayu manis dan lada yang jadi komoditas kebanggaan Pulau Sumatera.

Semua disediakan untuk pasar dunia lewat jalur rempah. Jalur yang mengaitkan perdagangan dengan kebudayaan berbagai masyarakat di sejumlah pulau yang membentuk Nusantara.

Kemendikbud berupaya menggaungkan kembali kejayaan Jalur Rempah sebagai koridor interaksi antarbudaya lintas daerah di Indonesia dan lintas negara. Program ini ingin menghidupkan jalur rempah melalui kerjasama, sinergi, gerak serentak dalam memajukan kebudayaan bersama ribuan orang yang memiliki ketersambungan budaya di ratusan titik rempah.

Mulai dari pemberdayaan komunitas budaya rempah, pengembangan eduwisata jalur rempah, hingga pertunjukan seni, gastronomi, pengetahuan dan pengobatan tradisional, residensi pelaku budaya, workshop, dan lainnya.

Program ini tak hanya berperan untuk kemajuan kebudayaan namun turut mendongkrak perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Setidaknya ada 20 titik awal rekonstruksi Jalur Rempah yang tersebar dari Raja Ampat hingga Pesisir Selatan (Mandeh).

Untuk semangat ini, sejumlah kementerian telah menyiapkan beragam program. Seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menawarkan paket pariwisata Jalur Rempah, Kementerian Pertanian yang akan melakukan peremajaan ladang-ladang rempah, juga Kementerian Kesehatan yang mendorong industri obat untuk mengolah rempah-rempah asli Indonesia.

Begitu juga pengembangan industri kreatif, seperti fashion berbasis rempah yang diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi perkembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pentingnya posisi Jalur Rempah, Indonesia akan mengusulkan Jalur Rempah ke UNESCO sebagai world heritage atau warisan dunia pada November 2020. Apabila program Jalur Rempah berhasil mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai warisan dunia, maka dapat memperkuat diplomasi Indonesia, sekaligus meneguhkan Indonesia sebagai poros maritim dunia

Sumber: Liputan6.com/Komarudin

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jamu Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak-Benda Dunia Oleh UNESCO

Jamu Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak-Benda Dunia Oleh UNESCO

Jamu ditetapkan menjadi warisan budaya tak-benda dunia oleh UNESCO. Sertifikatnya dibawa langsung oleh Menlu Retno Marsudi.

Baca Selengkapnya
Dunia yang Hilang 14.000 Tahun Lalu Akhrinya Ditemukan, Ada Senjata Manusia Purba

Dunia yang Hilang 14.000 Tahun Lalu Akhrinya Ditemukan, Ada Senjata Manusia Purba

Baru-baru ini, para arkeolog berhasil mengungkap sebuah desa kuno yang berusia 14.000 tahun di Pulau Triquet, Kanada.

Baca Selengkapnya
Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Tradisi Unik saat Ramadan di Jawa, Mana yang Pernah Kamu Ikuti?

Ramadan di Indonesia biasanya juga merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang beragam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

BUNGKUS! Tebak Logo Brand Makanan

Sahabat Dream, kalian ada yang tahu gak logo-logo dari brand makanan tersebut? Berapa yang berhasil kalian tebak?

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya