Carolina Bays, Kawah Indah yang Menyisakan Misteri

Carolina Bays berbentuk oval dengan ukuran yang berbeda-beda. Kebanyakan diantaranya terisi dengan.......

Puri Yuanita
| 10 September 2017 08:19

Dream - Sekitar tahun 1930, ketika pesisir Atlantik diambil fotonya dari pesawat untuk pertama kalinya, muncul fenomena geologi yang aneh. Pesisir pantai yang terbentang dari bagian Selatan New Jersey hingga bagian Utara Florida itu tampak mengalami penurunan daratan hingga membentuk kawah melingkar seperti di bulan.

Penurunan daratan ini sekarang dikenal dengan julukan Carolina Bays, walaupun daerah lain memberikan julukan yang berbeda. Di Maryland, tempat ini diberi nama Maryland Basins, dan di Semenanjung Delmarva disebut dengan Delmarva Bays. Bays di sini berarti pepohonan bays yang tumbuh di sekitar kawah.

Carolina Bays berbentuk oval dengan ukuran yang berbeda-beda. Kebanyakan diantaranya terisi dengan air hujan ketika musim dingin dan musim semi, lalu mengering di musim panas. Walaupun memiliki ukuran yang beragam, namun kawah-kawah ini selalu mengarah ke arah yang sama.

carolina

Seluruh Carolina Bays ditandai dengan barisan yang menjalar dari barat laut hingga tenggara. Barisan ini juga menyimpang secara sistematis sesuai dengan garis lintang.

Mengutip Wikipedia:

" Orientasi dari sumbu Carolina Bays secara sistematis mengitari bumi belahan utara beriringan dengan dataran pesisir Atlantik dari utara Georgia hingga selatan Virginia; rata-rata panjang sumbu Carolina Bays bervariasi mulai dari N16°W fi timur tengah Georgia hingga N22°W di selatan South Carolina, dan N39°W di utara South Carolina, N49°W di utara North Carolina, dan N64°W di Virginia. Di dalam bagian dataran pesisir Atlantik ini, orientasi panjang sumbu Carolina Bays bervariasi mulai dari 10 hingga 15 derajat. Menurut Johnson (1942), sumbu Carolina Bays diproyeksikan ke arah barat, saling berkonvergensi, tidak di Great Lakes maupun Kanada, tetapi di area Tenggara Indiana dan Barat Daya Ohio."

Artikel Wikipedia memiliki detail lebih banyak mengenai orientasi dan deviasi, terlebih di bagian utara dimana rata-rata orientasi dari sumbu panjang tiba-tiba bergeser dari 112 derajat ke N48°E, dan di bagian selatan.

Preferensi dari orientasi tertentu telah membawa para ilmuan percaya bahwa Carolina Bays tercipta ketika kawanan meteorit menghantam pesisir Atlantik. Hipotesis ini populer di sekitar tahun 1940 dan 50-an, sebelum bumi memiliki teknologi seperti sekarang ini. Sedangkan menurut riset modern, kawah tersebut terlalu dangkal sebagai hasil dari hantaman meteorit. Mereka pun tidak menemukan bukti-bukti yang menunjukan adanya komponen meteorit.

carolina

Mereka yang menolak teori ekstraterrestrial menyajikan teori hipotesa geomorfologi termasuk pergerakan arus ombak, kenaikan air tanah, atau gerakan angin. Tidak ada teori hipotesa terrestrial yang mampu menjelaskan kenapa kawah memiliki bentuk elips, atau kenapa mereka mengarah ke arah yang sama.

Secara estimasi, dulu terdapat setengah juta Carolina Bays sepanjang pesisir Atlantik, namun hanya ratusan di antaranya yang dapat bertahan atau berhasil diawetkan. Woods Bay dan Bannett's Bay di South Carolina merupakan contoh dari kawah yang diawetkan. Sebagian besar dari mereka terkikis secara alami, atau memang sengaja dihancurkan untuk keperluan pertanian, penebangan, dan pembangunan rumah. Selama Perang Dunia ke-II, kawah besar di Georgetown County digunakan sebagai latihan bom bagi para prajurit.

Sekarang ini, kawah tersebut telah terisi oleh beragam biodiversitas mahluk hidup. Banyak spesies burung seperti unggas air, dan mamalia yang mendiami kawah tersebut. Beberapa diantaranya bahkan merupakan satwa langka dan terancam punah. Binatang lain yang menghuni antara lain capung, kadal hijau, dan katak pohon hijau. Beberapa tumbuhan karnivora pun tumbuh di sini.

(Sumber: amusingplanet.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Reza Rahadian Sebutkan Kriteria untuk Jadi Manajernya!

Jangan Lewatkan