Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Catat Tanggalnya! Bandung Bakal Gelar Pesta Rakyat Akbar

Catat Tanggalnya! Bandung Bakal Gelar Pesta Rakyat Akbar Alun-alun Bandung (Foto: Ngulon.com)

Dream - Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan, yang merupakan puncak perayaan 17 Agustus dan penutup dari bulan kemerdekaan tahun ini akan diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat. Pesta rakyat bertajuk '​Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017' yang diselenggarakan pada hari ​Sabtu, 26 Agustus 2017 ini mengangkat tema ​'Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama'.

Karnaval ini melibatkan lebih dari 1.200 peserta berlatar belakang seniman dan berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat, serta perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia, termasuk diantaranya adalah yang sudah memiliki reputasi internasional. Pada Karnaval kali ini, pemerintah hanya menjadi fasilitator. Kurasi dan produksi Karnaval dilakukan oleh​​ tim​​ yang ​​berasal ​​dari ​​Jawa ​​Barat ​​dipimpin ​​oleh ​​Kang ​​Aat Suratin.

Karnaval ini melanjutkan tradisi menutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak tahun 2015. Di tahun 2015, perayaan bertajuk 'Karnaval Khatulistiwa' diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat, dilanjutkan dengan 'Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba' di Parapat dan Balige, Sumatra Utara, tahun lalu. Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo, sejumlah Menteri, ​​Gubernur ​​Jawa ​​Barat, ​​dan ​​Walikota ​​Bandung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan karnaval ini akan menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air, dengan semangat api kerja bersama untuk mengisi kemerdekaan. "Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya, pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi ​​karnaval​ ​berkelas ​​dunia," ujar ​​Arief Yahya dikutip dari keterangan pers tertulis, Selasa 22 Agustus 2017.

Karnaval Kemerdekaan muncul menyambut ide Presiden Joko Widodo yang ingin agar Karnaval Kemerdekaan diadakan berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain, tidak hanya berpusat di Jakarta agar kegembiraan kemerdekaan dirasakan oleh semua daerah. Karnaval kali ini akan berbeda karena panitia nasional hanya akan menjadi fasilitator, di mana konten dan pelaksanaan dari karnaval akan sepenuhnya menjadi kewenangan tuan rumah, yang ​​dimotori ​​oleh ​​budayawan ​​dan ​​insan ​​kreatif ​​dari ​​Kota ​​Bandung.

Aat Suratin, budayawan penggagas, pelaksana dan kurator Karnaval, mengatakan akan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara. Aat menambahkan, ekspresi budaya yang beragam akan tercermin dari kostum peserta, juga seni tari, musik, dan rupa yang ditampilkan. "Seluruh peserta karnaval, baik yang menampilkan budaya tradisional, maupun kontemporer, akan mengekspresikan olah kreatif dari tema utama karnaval, yaitu Menyalakan Semangat ​​Api ​​Kerja ​​Bersama," ujar​​ Aat.

Presiden dan Ibu Negara akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung. Kareta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang mengejawantah dalam laku ​​budaya​​berupa ​​kebersamaan.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 09.30 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3.8 km. Rangkaian Karnaval akan di mulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago), Jl Merdeka menuju ke Taman Vanda. Di Taman Vanda Presiden RI dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian Karnaval. Selanjutnya rangkaian Karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya Jl. Asia Afrika. Selain itu, akan​​ ada​​ Festival​​ Komunitas ​​di​​ Jl.​​ Sukarno​​ dan​​ Taman ​​Sungai ​​Cikapundung.

Aat mengatakan untuk membuat karnaval ini makin meriah, penyelenggara juga akan melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo​​ Batik​ Carnival,​​ dan​​ Tomohon ​​International ​​Flower ​​Festival.

Selain itu, karnaval kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan​​ budaya ​​berbagai​​ provinsi ​​di​​ Indonesia.

Karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung, Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, Atlet Sepatu Roda KONI ​​Bandung,​​ dan​​ Komunitas​​ Cosplay​​ Bandung.

Demi terselenggaranya Karnaval yang semarak dan meriah, masyarakat yang akan hadir dan menonton ​​acara​​ ini dihimbau ​​untuk​​ mengenakan​​ pakaian ​​daerah ​​atau​​ pakaian ​​nasional.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tabrakan KA Turangga dan Kereta Bandung Raya, Penampakan Terkini Gerbong Keluar Rel

Tabrakan KA Turangga dan Kereta Bandung Raya, Penampakan Terkini Gerbong Keluar Rel

Tabrakan KA Turangga dan Kereta Bandung Raya di Petak Jalan Cicalengka-Haurpugur

Baca Selengkapnya
5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

5 Lokasi Acara Tahun Baru Gratis di Jakarta dan Bekasi

Kamu bisa menikmati kembang api gratis di lima lokasi berikut ini

Baca Selengkapnya
Adu Banteng KA Turangga dan Kereta Bandung Raya, Masinis Terjepit Gerbong

Adu Banteng KA Turangga dan Kereta Bandung Raya, Masinis Terjepit Gerbong

Adu Banteng KA Turangga dan Kereta Bandung Raya, Masinis Terjepit Gerbong

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

DRESS IT! Totorial Melipat Hijab Anti Kusut

Sudah full effort mencuci hijab sampai bersih dan disetrika rapi, malah kusut pas dilipat. Punya masalah yang sama?

Baca Selengkapnya