Daftar Restoran Terbaik Asia 2017 Dirilis, Jepang Mendominasi

Jepang mendominasi daftar yang berisi 200 restoran tersebut, dengan menyumbangkan 137 restoran. Sementara, ada 33 restoran berasal dari Hong Kong dan 11 dari....

Puri Yuanita
| 4 April 2017 14:33

Dream - Mengingat betapa sulitnya mendapat pemesanan tempat di restoran yang terletak di kawasan Roppongi ini, patutlah restoran Sushi Saito milik Juru Masak (Chef) Takashi Saito di Tokyo menjadi nomor satu dalam daftar perdana Top 100+ Asian Restaurants 2017 yang dirilis Opinionated About Dining (OAD).

Sesuai dugaan pendiri OAD, Steve Plotnicki, Jepang mendominasi daftar yang berisi 200 restoran tersebut, dengan menyumbangkan 137 restoran. Sementara, ada 33 restoran berasal dari Hong Kong dan 11 dari Singapura.

" Tadinya saya berencana merilis daftar terpisah untuk Jepang dan Asia . Namun setelah melihat bagaimana Jepang kurang terwakili dalam daftar 50 Best Asia, saya memilih untuk menggunakan daftar tunggal (single list). Hal itu menjadi langkah terbaik dalam memberikan penghargaan yang layak diterima oleh para juru masak di Jepang," kata Steve Plotnicki dikutip dari keterangan pers tertulis, Selasa 4 April 2017.

Pernah magang di Sushi Kanesaka, Saito menyempurnakan sushi khas Kanesaka dengan hidangan laut yang dipilih dengan seksama, eksekusi yang sempurna, dan ketelitian tingkat tinggi. Sushi buatannya selalu memiliki keseimbangan rasa yang sempurna antara neta dan shari yang dibumbui dengan baik, dan setiap porsi sushi yang dihidangkan untuk para tamu memiliki ukuran, bentuk dan suhu yang sama.

Mengingat tingkat konsistensi hidangan tersebut, dan kemampuan Saito dalam menyajikan potongan sushi yang sempurna lagi dan lagi, bisa dipahami mengapa beberapa reviewers kerap mengunjungi restoran ini tiga atau empat kali setahun.

Peringkat kedua dalam daftar tahun 2017 diraih oleh Matsukawa, sebuah restoran introduction-only, satu-satunya cara untuk makan di sini adalah diundang oleh langganan. Dinilai sebagai restoran kaiseki tradisional terbaik di Tokyo oleh reviewers OAD, restoran milik Chef Matsukawa ini unggul dalam mengubah bahan-bahan terbaik menjadi hidangan masterpiece dengan cara mengombinasikan cita rasa sederhana namun sempurna dengan estetika elegan khas Jepang.

Mengenai terpilihnya restoran Ultra-Violet by Paul Pairet di peringkat ketiga, Steve Plotnicki berkata, " mengingat bagaimana dunia kuliner telah bergeser dari memasak dengan teknik molekuler ke hidangan bergaya lebih alamiah yang kini begitu populer, senang rasanya pengalaman kuliner yang unik masih begitu disukai oleh reviewers kami" .

Berikut daftar Top 100+ Asian Restaurants 2017:

1. Sushi Saito Tokyo, Jepang

2. Matsukawa Tokyo, Jepang

3. Ultra-Violet by Paul Pairet Shanghai, Tiongkok

4. Kyo Aji Tokyo, Jepang

5. Den Tokyo, Jepang

6. Miyoshi Kyoto, Jepang

7. Tenzushi Kyomachi-ten Fukuoka , Jepang

8. Ogata Kyoto, Jepang

9. Kimoto Kobe, Jepang

10. Mizai Kyoto, Jepang

Daftar lengkapnya bisa kamu lihat di sini.   

Untuk diketahui, OAD sendiri adalah sistem pemeringkatan restoran premium yang disusun oleh sekelompok pakar yang terdiri dari connoisseurs terbaik dalam seni kuliner. Mereka berkeliling dunia untuk menjelajahi berbagai seni hidangan.

Topik Terkait :

Eksklusif! Sonny Tulung: Indonesia Bangsa Tahan Uji

Jangan Lewatkan