Deretan Negara Buka Pariwisata Khusus Traveler Sudah Divaksin, Mana Saja?

Traveler sudah menerima suntikan vaksin sudah bisa jalan-jalan secara normal, tak perlu lagi tes Covid-19 serta karantina.

Ahmad Baiquni
| 5 Februari 2021 11:10

Dream – Pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar negara memberlakukan penutupan atau lockdown untuk menekan penyebaran Covid-19. Kondisi ini berdampak besar terhadap perekonomian.

Aktivitas ekonomi menjadi lumpuh. Sementara sektor pariwisata yang selalu menjadi andalan pemasukan terpukul hebat.

Munculnya vaksin membawa harapan bagi pulihnya pariwisata dan ekonomi. Tidak hanya di satu namun pada banyak negara dunia.

Gelombang vaksinasi telah terjadi. Perlahan namun pasti, kondisi kesehatan dunia mulai pulih, yang akan berdampak pada kembali kuatnya sektor pariwisata.

Beberapa negara kini mulai membuka kembali sektor pariwisatanya. Tanpa syarat yang rumit, para traveler bisa bebas berkunjung selama sudah mengapatkan vaksinasi.

Mana saja negara yang membuka kembali pariwisatanya untuk traveler sudah divaksin? Dikutip dari Times of India, berikut daftarnya.

1. Islandia

Islandia telah mengumumkan traveler tervaksinasi dapat berkunjung ke wilayahnya tanpa harus menjalani aturan pengetatan seperti tes Covid-19 dan karantina. Bahkan mulai 1 Mei 2021, pengunjung sudah divaksin dari negara-negara dunia ketiga yang disetujui serta dari Uni Eropa dapat masuk secara gratis ke Islandia.

2. Seychelles

Seychelles akan mengizinkan traveler yang sudah mengantongi dua bukti vaksinasi Covid-19 untuk masuk ke wilayahnya. Berdasarkan laporan terbaru, negara ini sudah membuka jalur masuk mereka untuk traveler.

 Seychelles

Wisawatan yang sudah divaksin bisa masuk tanpa perlu repot menjalani karantina 10 hari. Tapi buat traveler yang belum divaksin harus menjalani karantina 14 hari sebelum masuk Syechelles dan diminta menunjukkan bukti tes PCR dengan hasil negatif yang dilakukan selama 72 jam sebelum kedatangan.

Untuk turis yang sudah divaksin sudah bisa masuk. Ketentuan yang berlaku pun sudah normal, salah satuya dengan visa reguler.

3. Rumania

Negara ini telah mencabut semua pembatasan perjalanan bagi wisatawan yang telah divaksinasi dari UE. Sebelumnya, seluruh pengunjung yang masuk diharuskan menjalani karantina selama 14 hari.

Tetapi sekarang, sesuai pengumuman terbaru dari otoritas Rumania, pengunjung tervaksinasi bebas masuk tanpa harus melewati proses karantina. Namun demikian, ada ketentuan untuk menunggu 10 hari setelah suntik kedua vaksin sebelum pengunjung bisa masuk.

4. Siprus

Siprus sudah mengumumkan mulai Maret 2021, pengunjung yang telah divaksinasi Covid-19 diizinkan masuk dan melewati proses karantina dan tes. Menteri Transportasi Siprus Yiannis Karousos menyatakan Pemerintah berencana membuka kembali perbatasan untuk semua traveler yang tervaksinasi mulai 1 Maret 2021.

 Siprus

Bahkan Karousos meminta maskapai menambah jadwal penerbangan ke Siprus. Nantinya akan disusul dengan peningkatan konektivitas serta lalu lintas penumpang.

5. Lebanon

Lebanon juga telah mengumumkan seluruh wisatawan yang dapat memberikan bukti seritifikasi vaksinasi Covid-19 diperbolehkan berkunjung tanpa harus melewati masa karantina. Pengunjung tervaksinasi dari seluruh negara di dunia sudah boleh berkunjung hanya dengan persyaratan visa reguler.

Laporan: Josephine Widya

Dude Harlino & Alyssa Soebandono | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps5

Jangan Lewatkan