Deretan Tempat Wisata di Jakarta Boleh Beroperasi Saat PSBB Transisi

Tempat wisata boleh dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ahmad Baiquni
| 8 Juni 2020 14:11

Dream - Sejumlah aktivitas di DKI Jakarta yang sempat terhenti kembali bergeliat. Hal ini seiring dengan diaktifkannya kembali perekonomian setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta pun membolehkan sejumlah tempat wisata untuk beroperasi. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata dimulai secara bertahap.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala Disparekraf DKI, Cucu Ahmad Kurnia, disebutkan tempat wisata dan fasilitas olahraga oudoor, kecuali kolam renang, boleh beroperasi pada 5 Juni hingga 2 Juli 2020.

Kemudian, usaha jasa makanan dan minuman berdiri sendiri dan menjadi fasilitas hotel kecuali bar boleh menyediakan layanan makan minum di tempat dan pesan antar pada 8-15 Juni. Sementara usaha jasa makanan di pusat perbelanjaan hanya boleh melayani pesan antar.

Pada 8 Juni-2 Juli, museum dan galeri diizinkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dari daya tampung normal.

Kemudian pada 13 Juni sampai 2 Juli, pusat perbelanjaan, usaha jasa makanan berdiri sendiri, menjadi fasilitas hotel maupun beroperasi di mal dibolehkan melayani makan minum di tempat. Di tanggal yang sama, jasa perawatan rambut atau salon dibolehkan kembali beroperasi.

Lalu, mulai 20 Juni hingga 2 Juli, taman rekreasi indoor dan outdoor dapat dibuka kembali, kecuali waterpark, dengan kapasitas pengunjung dibatasi 50 persen. Di periode tersebut pula, kawasan pariwisata dan kebun binatang boleh dibuka.

Sumber: Liputan6.com/Ika Defianti

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan