Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Desa Wisata, Pilihan Destinasi Liburan di Indonesia

Desa Wisata, Pilihan Destinasi Liburan di Indonesia Foto: Desa Wisata/Kemenparekraf RI

Dream - Saat libur Lebaran kemarin, rupanya desa wisata jadi salah satu pilihan destinasi liburan yang ramai diminati masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno lewat beberapa laporan yang diterima dari pengelola desa wisata secara langsung karena meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan saat momen libur Lebaran di desa wisata.

"Jadi selama libur Lebaran untuk memperlancar mudik saya diberi tugas oleh Menko PMK untuk ikut terlibat dalam pengaturan manajemen mudik," kata Menparekraf Sandiaga Uno pada Selasa, 17 Mei 2022.

"Oleh karena itu, kita beri suatu pola perjalanan atau travel pattern yang jadi pilihan destinasi wisata oleh para pemudik, dan ternyata masyarakat pemudik ini menjatuhkan pilihan ke desa-desa wisata pada jalur sekitar mudik," jelas Sandiaga.

Pilihan desa wisata

Beberapa destinasi wisata yang ramai dikunjungi, diantaranya Borobudur, yang merupakan salah satu Destinasi Super Prioritas.

Tercatat, terdapat 100 persen kenaikan okupansi homestay Desa Wisata di sekitar Candi Borobudur.

Desa Wisata

Selain itu, adanya peningkatan jumlah wisatawan, yakni 5.000 orang ke Desa Wisata Tegalmulyo, Kabupaten Klaten, 400 orang ke Desa Wisata Kerapu Kabupaten Situbondo, 700 orang ke Desa Wisata Kalibiru Kabupaten Kulon Progo, dan meningkatnya penjualan paket wisata dengan jumlah wisatawan sebanyak 1.357 orang ke Desa Wisata Pentingsari Kabupaten Sleman.

Selain itu meningkat pula jumlah wisatawan sebanyak 1.700 orang ke Desa Wisata Cikakak, Kabupaten Banyumas, hingga meningkatnya jumlah wisatawan sebanyak 6.320 orang ke Desa Wisata Pentagen Kabupaten Kerinci.

 

Pengelolaan sampah wajib diperhatikan

"Melihat potensi tersebut, kami dengan bangganya mempromosikan 50 besar desa wisata ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021 melalui sosial media, kanal YouTube dan beberapa media televisi nasional dalam penayangan program-program jalan-jalan di desa wisata," tuturnya.

Desa Wisata

Desa Wisata

Agar desa wisata di tiap destinasi wisata terus berkembang, Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau pemerintah daerah dan para pengelola desa wisata agar tetap patuh pada protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, mengusahakan sertifikasi CHSE, mengupayakan sertifikasi desa wisata berkelanjutan, dan memberikan apresiasi kepada masyarakat penggerak sektor pariwisata melalui ADWI.

Sandiaga juga mendorong Pemda dan pengelola desa wisata untuk mengimplementasikan program pendampingan pengelolaan sampah.

"Karena jika banyak pengunjungnya, sampahnya juga banyak, oleh karena itu kita harus kelola lebih baik," tegasnya.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran
9 Rekomendasi Destinasi Wisata Religi untuk Libur Lebaran

Ini rekomendasi destinasi wisata religi untuk libur Lebaran

Baca Selengkapnya
Ini Destinasi Paling Favorit di Pulau Jawa Selama Libur Lebaran 2024
Ini Destinasi Paling Favorit di Pulau Jawa Selama Libur Lebaran 2024

Ini destinasi dengan kunjungan terbanyak di pulau Jawa selama libur lebaran 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya