Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Destinasi Wisata Buka Saat Larangan Mudik, Sandiaga: Wajib CHSE

Destinasi Wisata Buka Saat Larangan Mudik, Sandiaga: Wajib CHSE Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Dream - Selama larangan mudik Lebaran berlaku pada 6-17 Mei 2021, Pemerintah membolehkan destinasi wisata untuk tetap buka. Sehingga, masyarakat bisa mengisi libur Lebaran dengan wisata lokal.

Namun demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengingatkan setiap destinasi wisata wajib mengikuti protokol CHSE secara ketat. Hal ini juga berlaku untuk sentra ekonomi kreatif.

"Jika memang destinasi wisata dibuka, tegas kami mengatakan bahwa harus dengan penerapan protokol kesehatan CHSE yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga pada Selasa, 27 April 2021.

Sandiaga mengatakan dalam kerangka PPKM mikro, ada kegiatan masyarakat yang diperbolehkan. Keputusannya diserahkan ke pemerintah daerah sesuai dengan angka Covid-19 di daerah masing-masing.

Kemenparekraf telah menerbitkan buku panduan pelaksanaan CHSE di destinasi serta berbagai tempat bidang usaha di sektor parekraf. Panduan ini terus disosialisasikan kepada para pelaku parekraf.

Sandiaga mencontohkan protokol CHSE bakal diterapkan di Kota Tua Jakarta. Menurut dia, Kota Tua menjadi destinasi yang sangat diminati masyarakat saat libur lebaran,

"Seandainya dibuka oleh Pemprov DKI, kita ingin pastikan panduan protokol kesehatan dipatuhi secara ketat dan disiplin," kata dia.

Selanjutnya, Sandiaga mengatakan berdasarkan pengalamannya melihat langsung dan menyerap aspirasi di daerah, penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE sudah berjalan dengan baik. Meski dia tidak menampik masih ada destinasi yang penerapan protokol kesehatannya harus terus ditingkatkan.

Dia juga memastikan ke depan pihaknya tidak hanya akan sebatas mendorong dan mengimbau penerapan protokol kesehatan. Tetapi juga memastikan kepatuhan.

"Akan ada mekanisme jika mereka tidak bisa penuhi (penerapan protokol kesehatan) akan diberi peringatan, dilanjutkan dengan denda, berkoordinasi dengan pemda kami juga tidak segan untuk merekomendasikan sanksi penutupan," kata Sandiaga.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

Akmal mengajak Dinas Pariwisata belajar mengelola potensi dan berkolaborasi dengan mitra dan para pemangku industri pariwisata lainnya.

Baca Selengkapnya
6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

6 Rekomendasi Wisata Dataran Tinggi di Indonesia, Wajib Datang Sekali Seumur Hidup

Segarkan pikiran dan hati dengan eksplorasi wisata dataran tinggi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.